Raih Pendapatan 1 M dari Kerupuk Ganepo, TP PKK Pusat Puji Kampung Mandiri Padang Kandis


Liputan12.com,Limapuluh Kota--- Keberhasilan Kampung Mandiri Jorong Padang Kandis, Nagari Tujuah Talago, Guguak,  dalam menjalankan program Gerakan Keluarga Indonesia dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Pengelolaan Ekonomi (Gelari Pelangi) dari TP PKK Lima Puluh Kota menuai pujian dan menarik perhatian TP PKK Pusat. Pasalnya, masyarakat Padang Kandis mampu menggerakkan perekonomian melalui usaha atau home industri kerupuk ganepo dengan pendapatan 1 Miliar perbulannya. "Setelah melihat laporan se-Indonesia kemudian berkordinasi dengan Provinsi, akhirnya kami datang ke Kabupaten Lima Puluh Kota," ujar Ketua Bidang Pendidikan dan Ekonomi Keluarga TP PKK Pusat dr. Yulia Zubir Akmal beserta rombongan dalam kunjungan kerja pada Senin (11/12/2023) di Jorong Padang Kandis, Guguak. 

Turut hadir pada kesempatan tersebut Bupati Lima Puluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo, Ketua TP PKK Provinsi Sumbar yang diwakili Lina Hansastri, Ketua TP PKK Lima Puluh Kota Nevi Safaruddin dan Kepala-Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Lima Puluh Kota. 

dr. Yulia Zubir Akmal, dalam sambutannya, mengatakan bahwa tujuan kunjungan adalah melihat secara langsung dan mempublikasikan proses pengolahan usaha Ganepo di Kampung Mandiri Jorong Padang Kandis, Nagari Tujuah Koto Talago, yang merupakan program pemberdayaan desa. "Kami Tim PKK Pusat diperintahkan oleh Ketua Umum Ny. Tito Karnavian untuk melihat langsung kegiatan masing-masing bidang dan mempublikasikannya," tuturnya. "Tujuannya adalah sebagai penghargaan atas kegiatan bagus yang sudah dilaksanakan tiap Kabupaten/Kota dan menjadi inspirasi untuk Kabupaten/Kota se-Indonesia, " tambah dr. Yulia Zubir Akmal. 


Sementara itu, Bupati Lima Puluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo menyambut baik kedatangan rombongan TP PKK Pusat dan TP PKK Provinsi ke Kabupaten Lima Puluh Kota. Bupati Safaruddin menjelaskan Padang Kandis adalah salah satu jorong di Kecamatan Guguak yang dikenal dengan Kampuang Ganepo. "Produk Ganepo ini sudah berhasil dijual ke berbagai Pulau di Indonesia bahkan menembus Pasar Asia Tenggara," kata Bupati
 
Selanjutnya, Bupati Safaruddin berharap Kampung Kandis sebagai Kampung Mandiri tetap berperan utama dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga. "Usaha kerupuk Ganepo dari para pengusaha home industri telah membuka lapangan pekerjaan untuk masyarakat Padang Kandis," ungkapnya. Bupati menambahkan, "untuk itu kami harapkan bimbingan dari tim PKK Pusat maupun Provinsi untuk kemajuan ekonomi masyarakat di Jorong Padang Kandis khususnya dan Lima Puluh Kota umumnya." (Cg)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama