Proyek siluman tanpa ada papan pemberitahuan publik di sembunyikan

Kabupaten Bekasi, Liputan12.com - Proyek irigasi saluran air yang berlokasi di kampung galian utan asem.dusun 3 RT 009 RW 009 Desa Jaya Bakti .kecamatan Cabang Bungin. Rabu, 13/12/2023.

Diduga sengaja menyembunyikan informasi terhadap masyarakat karena pekerjaan tersebut yang sudah berjalan kurang lebih 3 hari tidak di sertai papan informasi proyek. 

Pemasangan papan nama informasi proyek adalah implementasi azas transparansi, sehingga masyarakat dapat ikut serta dalam proses pengawasan. 

Menurut Amanah Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Nomor 14 Tahun 2008 dan Perpres Nomor 54 Tahun 2010 dan Nomor 70 Tahun 2012, dimana mengatur setiap pekerjaan bangunan fisik yang dibiayai negara wajib memasang papan nama proyek, dimana memuat jenis kegiatan, lokasi proyek, nomor kontrak, waktu pelaksanaan proyek dan nilai kontrak serta jangka waktu atau lama pekerjaan.

"Dedi Pajri ketua korwil lll AWIBB.
Bekasi Raya mengatakan kepada awak media hasil investigasi langsung di lokasi kegiatan ,pekerjaan tersebut jauh dari spesifikasi yangdi tentu,terlihattidak dilakukanpenggalian pondasi awal, yang bisa mengurangi volume suatu bangunan ,tidak ada crucuk bambu, Menggunakan pasir kwalitas di bawah standar,proses pengerjaan saluran air tersebut masih tergenang airdan hampir 50% mengguna kan batu bekas .bila mana suatu pekerjaan proyek yang dibiayai oleh uang negara, hasil nya tidak sesuai dengan (RAB) dan merugi kan pemerintah, penegak hukum dalam hal ini harus bertindak tegas jika sudah ada hal yang menyimpang dalam penggunaan uang negara, ungkap nya.

Bukan hanya tidak ada papan informasi, pekerjaan proyek itu diduga dikerjakan asal – asal, sehingga terlihat campuran adukan dalam pemasangan batu tidak sesuai.  Batu bekas pun di pasang.

Roan (Kabiro liputan12.com)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama