Memelihara Budaya Simeulue Dalam Rangkah HUT Ke-10 Sanggar Anak Sibok


                  



Liputan12.com Simeulue Aceh: Pagelaran Seni Budaya Sanggar Anak Sibok dalam Rangkah HUT- 10 pada tahun 2023 dalam Mengangkat Tema " Zaman Dai Berubah, Budaya Daifak Dillibon" Lapangan Salur, 9 Desember 2023.

Dalam Kegiatan Ini Ketua Sanggar Anak Sibok Jurnaidin Yang diwakili Israfuadi, SH. Menyampaikan " Sanggar Anak Sibok ini berdiri sudah 10 Tahun lebih dengan surat pengesahan akta notaris pada 12 November 2013 lalu. Pada saat itu didirikan oleh 3 orang nama yaitu : Bapak Alm,Aliumar.S, Bapak Roni Lahandaya Dan Bapak Jurnaidin selaku ketua sangar anak sibok saat ini.

"Sanggar anak Sibok ini selalu aktif dan tampil dalam menjalankan membudayakan/ mengembangkan budaya tradisional simeulue khususnya di kecamatan Teupah barat tepatnya di desa salur."



              



Dan Sanggar Anak Sibok ini juga perna mengharumkan nama baik kabupaten Simeulue sebagai utusan dalam kegiatan provinsi Aceh di antaranya, mengikuti Rampoe Aceh,Penas,Kemah, Pentas seni kebudayaan (PKA) yang baru baru ini di adakan dan sangar anak sibok selalu menjadi perwakilan kabupaten Simeulue kegiatan PKA provinsi itu Ujarnya.

Tambahnya Sanggar anak sibok ini juga pernah menghadiri undangan Even Internasional seperti Dragon Boat dan Surving Internasional. Sangar Anak Sibok ini perna dibantu oleh beberapa donatur dan instansi  di antaranya, Kemendikbud-Ri,Kemensos RI dan bantuan dari dana aspirasi salah satu anggota dewan DPRI yaitu ibu Iliza, Dinas kebudayaan dan pariwisata kabupaten Simeulue. Sehingga bisa berdiri sebuah gubuk Sangar anak sibok dan bisa melaksanakan ulang tahun ke 10 sangar anak sibok ini. Saya berharap adanya sanggar anak sibok ini para generasi muda ini bisa terus melestarikan kebudayaan kabupaten Simeulue dan terus belajar sehingga kebudayaan kita tidak terkikis oleh jaman teknologi saat ini, Tutupnya"

Mewakili Pimpinan daerah, Asisten III Setdakab Simeulue, Syafrinudin, SH, MH, Menyampaikan" Kami dari pemerintah kabupaten Simeulue mengucapkan selamat ulang tahun sanggar anak Sibok yang ke-10 dengan adanya pentas kesenian seperti ini sehingga menimbulkan melestarikan kebudayaan kita khususnya dikabupanten Simeulue umum di desa salur.

Tambahnya" dengan adanya hal hal seperti ini sehingga mampu menarik daya tarik masyarakat khususnya anak muda saat ini yang semangkin terkikisnya budaya karna perkembangan jaman tutupnya.

Sedangkan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Simeulue Asmanuddin menyampaikan " Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Simeulue mengucapkan selamat atas ulang tahun sanggar anak sibok yang ke-10 kita berharap sangar anak sibok terus berkarya dan terus melestarikan mengembangkan kebudayaan khususnya di kabupaten Simeulue.

Tentu harapan kita kehadiran sangar anak sibok ini mampu memberikan pemahaman kepada anak-anak muda untuk terus melestarikan kebudayaan di di kabupaten Simeulue, karna salah satu sangar di kabupaten Simeulue yaitu sanggar anak sibok yang jelas legalitasnya dan kiprahnya sudah sangat luar biasa dimana sudah tampil di tingkat provinsi maupun nasional.

Dan kami dari dinas 
Pariwisata dan Kebudayaan sangat sport penuh dengan kegiatan kegiatan sangar anak sibok ini untuk meningkatkan kebudayaan di kabupaten Simeulue tutupnya.


Dalam Kegiatan ini Juga Di hadiri PJ Bupati Simeulue Diwakili Asisten III kabupaten Simeulue Syafrinudin, SH, MH, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Simeulue Asmanuddin, Tokoh Kebudayaan Dr.Moris.R, Camat Teupah Barat, Para mukim se-teupah barat, Para kepala desa se-teupah barat.

Murdi

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama