Kwarcab Kota Tegal Gelar Pendidikan dan Pelatihan Tahun 2023


TEGAL , LIPUTAN 12 . COM - Bertempat di sanggar Pramuka,Jl.Hang Tuah no. 23 Tegal,Kwarcab Kota Tegal adakan  pendidikan dan pelatihan dalam bentuk  Kursus Mahir Dasar.KMD merupakan  suatu kegiatan pendidikan dan pelatihan yang bertujuan memberi bekal pengetahuan dasar dan pengalaman praktis membina pramuka melalui kegiatan kepramukaan dalam satuan pramuka yang meliputi perindukan siaga, pasukan penggalang, ambalan penegak, dan racana pandega.Kegiatan tersebut      dilaksanakan pada tanggal 19 sampai 23 Desember 2023.  

Ketua kwarcab Kota Tegal ,DR. Muhamad Jumadi,ST., MM.dalam sambutan Pembukaan KMD  mengatakan bahwa gerakan pramuka mempunyai tugas pokok menyelenggaraan pendidikan kepramukaan bagi kaum muda, guna menumbuhkan tunas bangsa agar menjadi generasi yang lebih baik, yang sanggup bertanggung jawab dan mampu membina serta mengisi kemerdekaan nasional.


Dalam pelaksanannya, diperlukan dukungan anggota dewasa. sehubungan dengan hal tersebut, anggota dewasa diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dirinya melalui pendidikan dan pelatihan. 

Sistem pendidikan dan pelatihan (sisdiklat) gerakan pramuka, merupakan sistem yang mengatur jenjang pendidikan dan pelatihan kepramukaan, untuk dapat mendampingi dan mengembangkan potensi peserta didiknya. jenjang pendidikan orang dewasa di gugus depan, melaui kursus mahir dasar (KMD) dan kursus mahir lanjutan (KML).

Penguatan dalam kursus ini adalah: kita semua akan mempelajari pengetahuan dasar pembinaan secara praktis bagaimana menjadi pembina pramuka yang ideal, sehingga diharapkan kegiatan di tingkat gugus depan semakin baik dan proporsional. peserta KMD nantinya akan menjadi pembina pramuka di satuannya masing-masing. oleh sebab itu perlu saya ingatkan; kursus ini sebagai sarana proses pendidikan bagi peserta didik dan pelatihan bagi anggota dewasa yang teratur, berkesinambungan dan berjenjang untuk meningkatkan kinerja anggota gerakan pramuka. juga sebagai sarana pembekalan dan pemberdayaan anggota dewasa gerakan pramuka dalam memandu kegiatan peserta didik di gugus depannya.hal ini dapat dilaksanakan dengan mudah, asal peserta kursus semua ikhlas dalam melaksanakan kursus pembina pramuka mahir dasar ini,pungkasnya.

Ketua Fasilitator KMD, Revonda Andestiadi,S.Pd.,MM. meyampaikan bahwa maksud diadakan kegiatan ini adalah Membekali anggota dewasa Gerakan Pramuka dengan pengetahuan dan ketrampilan kepramukaan tingkat dasar. 


Sedangkan Tujuannya Meningkatkan kualitas anggota dewasa yang terlibat dalam Kegiatan Kepramukaan di Gugus depan Kwartir Cabang Kota Tegal,adapun peserta Kursus pembina Pramuka  mahir dasar sebanyak 30 orang.

Materi yang akan disampaikan mengacu pada  Sistim Pendidikan dan Latihan Kepramukaan serta Materi kursus dijabarkan dalam bentuk Kegiatan In Door, meliputi penyampaian materi teoritis,diskusi interaktif serta penugasan – penugasan adapun Kegiatan Out Door, meliputi Penghayatan kehidupan perkemahan,Praktek pelaksanaan Kegiatan 3 Golongan Praktek pelaksanaan kegiatan lapangan 3 Golongan ,Out Door Management Games serta Api unggun.(Ag)


Tags: Pendidikan 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama