Kota Tegal Miliki Forum Smart City



TEGAL , LIPUTAN 12 . COM - Pemerintah Kota Tegal bertekad bulat dan berupaya keras untuk mewujudkan Kota Tegal sebagai smart city. 

Pada tahun 2022 Kota Tegal telah didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI dalam menyusun Master Plan Smart City dan menjadi bagian dari program gerakan menuju kota cerdas (smart city).

Salah satunya yakni percepatan menuju Kota Tegal menjadi Smart City 3.0 dengan menggelar Bimtek Penyusunan Masterplan Smart City dan Quick Win program unggulan tahap 1 pada tahun 2022. 

Sebagai langkah awal, Pemerintah Kota Tegal telah membentuk Dewan Smart City yang melibatkan triple helic yaitu Pemerintah, Dunia Usaha dan Akademisi.  Dan saat ini Pemerintah Kota Tegal menjalankan rencana-rencana yang telah disusun bersama di dalam Masterplan Smart City. 


"Oleh karena itu, saya katakan bahwa penting untuk melaksanakan Forum Smart City seperti hari ini. Tujuannya sebagai upaya merangkul segenap seluruh elemen pentahelix untuk ikut berpartisipasi melaksanakan dan mendukung pembangunan Kota Tegal sebagai kota cerdas. sebab, dalam upaya mewujudkan smart city, Pemerintah Kota Tegal tidak dapat berjalan sendiri dalam mengimplementasikan perencanaan dan menjawab dan menghadapi tantangan yang timbul," kata Wali Kota Tegal, H. Dedy Yon Supriyono.

Wali Kota Tegal menyampaikan hal tersebut dalam Pengukuhan Forum Smart City Kota Tegal, di Ruang Adipura, Komplek Balai Kota Tegal, Senin (11/12/2023).


Dedy Yon berharap, dengan adanya masterplan smart city ini dapat membantu penyelesaian isu strategis Kota Tegal. Antara lain penanggulangan kemiskinan, peningkatan kualitas SDM, tata kelola pemerintahan yang baik, kelestarian lingkungan hidup, dan pembangunan berkelanjutan, peningkatan daya saing daerah, penataan wajah kota dan pembinaan PKL, pemenuhan air bersih dan pemanfaatan aset daerah. 

Kepala Badan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Kota Tegal, Resti Drijo Prihanto menyampaikan maksud Pengukuhan Forum Smart City Kota Tegal Tahun 2023 adalah sebagai wadah komunikasi dan sinkronisasi perencanaan Pembangunan Smart City. 

Selain itu, Forum tersebut merupakan hasil tindaklanjut evaluasi implimentasi pelaksanaan pembangunan Smart City di Kota Tegal  yang dilakukan oleh Kementerian Kominfo termasuk melaksanakan Rekomendasi dari Kementerian Kominfo, hasil evaluasi Pembangunan Smart City di Kota Tegal.
Resti Drijo menyampaikan dilaksanakannya Pengukuhan Forum Smart City tahun 2023 ini bertujuan untuk menginformasikan dan mensosialisasikan terbentuknya Forum Smart City KotaTegal, elemen pentahelik melaksanaan dan mendukuing program Pembangunan Smart City di Kota Tegal serta mensosialisasikan tahapan pelaksanaan pembangunan Smart City Kota TegalMemperkenakan teknologi Smart City sebagai support system dalam mewujudkan Tegal sebagai Kota Cerdas.


Peserta Kegiatan Pengukuhan Forum Smart City Kota Tegal dihadiri sebanyak 150 orang, yang terdiri atas unsur Perangkat Daerah yang tergabung dalam Dewan Smart City dan Tim Pelaksanaan Smart City, Camat dan Lurah ΔΊ Lingkungan Pemerintah Kota Tegal, perwakilan Akademisi serta PImpinan PT. Smarfren Telecom, tbk dan segenap tim enterprise business smartfren. (Ag)


Tags : Pemerintah 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama