Baznas Kota Tegal Salurkan Bantuan kepada 116 Mustahik


TEGAL , LIPUTAN 12 . COM - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Tegal menyalurkan bantuan kepada 116 mustahik.
Bantuan diserahkan pada acara Pentashorufan Zakat, Infaq, Shadaqoh (ZIS) untuk Ashnaf Fakir/Miskin dan Sabilillah Baznas Kota Tegal Desember Tahun 2023 yang berlangsung di Pendopo Ki Gede Sebayu, Komplek Balai Kota Tegal, Rabu (13/12/2023) siang.

Para mustahik yang menerima bantuan terdiri dari marbot sebanyak 80 orang, mustahik produktif sebanyak 28 orang, rumah tidak layak huni (rutilahu) sebanyak 1 orang dan lain-lain sebanyak 7 orang.

Ketua Baznas Kota Tegal, Harun Abdi Manaf dalam laporannya menyampaikan bahwa jumlah total mustahik pada kegiatan pentashorufan ZIS di bulan Desember 2023 adalah sebanyak 689 mustahik yang nantinya akan diselenggarakan di tujuh tempat.


"Jumlah dana zakat, infaq dan shodaqoh yang ditashorufkan sebesar Rp346.696.985 yang merupakan dana zakat, infak dan sedekah yang dihimpun dari ASN, karyawan BUMD di Lingkungan Pemerintah Kota Tegal, ASN Kemenag, ASN Instansi vertikal serta dari masyarakat," ujar Harun.

Ia juga meminta doa dan dukungan seluruh ASN dan karyawan BUMD di Lingkungan Pemerintah Kota Tegal serta instasi vertikal juga para warga Kota Tegal agar mempercayakan zakatnya melalui Baznas Kota Tegal. 

"Dengan demikian tahun 2024, penghimpunan zakat, infak dan sedekah bisa meningkat lagi sehingga kami bisa maksimal dalam membantu pemerintah daerah dalam mengentaskan kemiskinan," pungkas Harun.

Sementara itu Wali Kota Tegal, H.Dedy Yon Supriyono dalam sambutannya mengatakan bahwa Baznas Kota Tegal, selaku lembaga pengelola dan penyalur zakat, dalam hal ini telah berhasil  menjadi penjaga amanat umat hingga detik ini. Kondisi tersebut dapat kita lihat bahwa program ZIS ini telah berjalan dengan lancar selama bertahun-tahun, dan dapat dimanfaatkan dengan benar oleh penerimanya. 


"Untuk itu, atas nama pribadi dan Pemerintah Kota Tegal kami mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi Baznas Kota Tegal yang terus menerus secara berkelanjutan berkontribusi dalam membangun kemajuan masyarakat Kota Tegal, terutama peningkatan sumber daya manusia. Kita berharap pengumpulan zakat, infaq dan shodaqoh setiap tahunnya dapat lebih meningkat lagi, sehingga jumlah yang dibantu pun dapat menjangkau masyarakat yang lebih luas lagi," ujar Dedy Yon.


Kegiatan pentashorufan diakhiri dengan penyerahan bantuan secara simbolis yang berupa asuransi JMA syariah untuk MUI, asuransi JMA syariah untuk marbot, bantuan kursi roda, bantuan transportasi ke sekolah/sepeda, bantuan modal usaha Z Chicken, bantuan gerobak modal usaha, bantuan modal UMKM mikro, bantuan untuk relawan untuk TBC HIV Care dan bantuan untuk Juru Sembelih Halal (Juleha).(Ag)


Tags : Pemerintah 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama