Tumpah Ruah, Masyarakat Kabupaten Tegal Doakan Keselamatan Bangsa Palestina


SLAWI , LIPUTAN 12 . COM – Sampaikan pesan damai dan duka yang mendalam, Bupati Tegal Umi Azizah mengajak ribuan masyarakat Kabupaten Tegal doakan keselamatan warga Palestina dari agresi milter Israel. Menurutnya, Palestina adalah negara pertama yang mendukung Republik Indonesia merdeka dari penjajahan. Bahkan dukungan tersebut disampaikan satu tahun sebelum RI memproklamirkan kemerdekaannya.

“Mari, kita sama-sama berzikir, berdoa, dan berselawat demi keselamatan bangsa Indonesia dan juga perjuangan bangsa Palestina melawan agresi militer Israel yang telah merebut tanah dan rumah mereka,” kata Umi saat berlangsung Gema Dzikir dan Sholawat bersama Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf di Lapangan Kantor Pemkab Tegal, Selasa (21/11/2023) malam.

Dia pun minta didoakan agar selama lima tahun masa kepemimpinannya sebagai Bupati Tegal bersama wakilnya Sabilillah Ardie yang akan berakhir tahun ini bisa menuntaskan seluruh agenda pembangunan jangka menengah Kabupaten Tegal 2019-2024 dengan baik, membawa berkah, kebahagiaan dan manfaat bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.


“Kami berharap ini akan menjadi legasi baik bagi kehidupan masyarakat Kabupaten Tegal dan keberlanjutan pembangunan daerah ke depan,” ujarnya.

Meski sempat dihadapkan pada ujian dan situasi sulit akibat pandemi Covid-19, pihaknya terus bekerja keras mengawal agenda pembangunan daerah agar terus bergerak, bangkit dan kembali pulih untuk melindungi masyarakat, mencegah agar kesenjangan kemakmuran tidak melebar.

Kesejahteraan masyarakat Kabupaten Tegal menurut Umi terus meningkat. Data Badan Pusat Statistik menyebutkan angka kemiskinan penduduk Kabupaten Tegal berkurang berkurang 0,6 persen poin dari 7,9 persen di tahun 2022 lalu menjadi 7,3 persen tahun 2023 ini.

“Alhamdulillah, secara bertahap angka kemiskinan di Kabupaten Tegal berkurang menjadi 7,3 persen atau terendah ke delapan dari 35 kabupaten dan kota di Jawa Tengah,” ungkap Umi.

Begitu pula dengan tingkat pengangguran terbuka penduduknya yang turun 1,04 persen poin, dari semula 9,64 persen di tahun 2022 menjadi 8,6 persen di tahun 2023. Hal tersebut merupakan hasil kerja keras seluruh elemen masyarakat dalam mendukung dan menjalankan agenda pembangunan strategis dan program unggulan daerah, termasuk dalam menciptakan kondusifitas wilayah, meningkatkan daya saing daerah. Imbasnya, tidak sedikit arus investasi yang masuk ke Kabupaten Tegal dan Kabupaten Tegal dikenal sebagai daerah yang ramah investasi.


Mengakhiri sambutannya, Umi mengajak seluruh elemen masyarakat bisa saling menguatkan dan menyatukan seluruh energi besar umat Islam untuk membangun negeri ini. Pembangunan yang akan menekan kemiskinan, mengurangi angka pengangguran, mempersempit kesenjangan kemakmuran antara yang kaya dengan yang miskin demi terwujudnya bangsa Indonesia yang baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur.

Sementara itu, memuncaki acara dzikir dan selawat sebagai penanda dimulainya kegiatan Refleksi Masa Akhir Jabatan Bupati Tegal, Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf juga mengajak seluruh jemaah yang hadir untuk mendokan keselamatan warga Palestina yang tengah berada dalam kecamuk perang.

“Mudah-mudahan mereka saudara-saudara kita di Palestina diberikan keselamatan, kekuatan dan kesabaran hingga mereka bisa melawan musuh-musuhnya dan mereka diberi kemenangan oleh Allah SWT,” ujarnya. (Ag)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama