Program Tanggung Jawab Sosial Dan Lingkungan (TJSL) Sekolah Energi Berdikari di SMA Negeri 14 Palembang


Palembang, Liputan12.com -

Asisten II Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Setda Pemprov Sumatera Selatan Ir. Basyaruddin Akhmad, M.Sc hadiri kegiatan Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Sekolah Energi Berdikari di SMA Negeri 14 Palembang bekerjasama dengan Pertamina Patra Niaga regional Sumbagsel.

Kegiatan yang di gelar di SMAN 14 Palembang jalan Pangeran Ayin (Kenten) Talang Buluh Kecamatan Sako kota Palembang, Jum'at (24/11/2023). Turut dihadiri oleh Executiv General Manager Pertamina Patra Niaga regional Sumbagsel, Zibali Hisbul Masih, Kepala SMAN 14 Palembang Hj. Nyayu Nurlaila M.Pd, Opd terkait, dan tamu undangan lainnya.

Ir. Basyaruddin Akhmad, M.Sc selaku Asisten II Bidang Ekeu dan Pembangunan Sumsel mengatakan, Sekolah energi berdikari yang dilaksanakan di SMA Negeri 14 Palembang merupakan pilihan yang sangat tepat, karena SMAN 14 salah satu sekolah adiwiyata tingkat nasional di Sumsel, dan diharapkan dapat mendorong generasi muda untuk berinovasi menciptakan lingkungan hidup yang lebih bersih melalui energi terbarukan.

"SMAN 14 Palembang ini juga merupakan salah satu sekolah SMA yang mendapatkan Adiwiyata dari Kementrian, dan ini salah satu Pilot dari Pertamina untuk sekolah SMAN 14 berdikari, dan tadi Pertamina telah memberikan solar panel 3300 Watt," Ujarnya.
Ditempat yang sama, Zibali Hisbul Masih selaku Executiv GM Pertamina Patra Niaga regional Sumbagsel menuturkan, SMA Negeri 14 Palembang ini merupakan salah satu SMA Adiwiyata yang menggunakan dan memanfaatkan solar panel dari Pertamina untuk mendukung kegiatan di sekolah. Ini juga merupakan bagian dari kontribusi Pertamina untuk pengembangan energi baru dan terbarukan, serta untuk menjaga sistembility dari aktivitas lingkungan di bumi.

"Harapannya ini bisa terus berkembang memberikan manfaat sebesar-besarnya untuk SMAN 14, dan generasi muda makin peduli, terpacu untuk lebih peduli pada lingkungan supaya generasi kita terus bisa ikut dalam kehidupan yang lebih baik lagi," Tukasnya.

Sementara itu, Kepala SMAN 14 Palembang Hj. Nyayu Nurlaila M.Pd menambahkan, SMAN 14 Palembang mendapat bantuan berupa solar panel dari Pertamina karena SMAN 14 mendapat penghargaan Adiwiyata tingkat nasional oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

"Pihak Pertamina mensupport dengan memberikan panel surya untuk penghematan energi listrik, energi baru sebagai sumber energi, mudah-mudahan ini berkelanjutan. Harapan kami kedepan kepada seluruh warga sekolah bisa peduli dengan lingkungan hidup, agar sekolah bisa aman, nyaman, dan sehat untuk belajar dan mengajar," Pungkasnya. (Rian)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama