KORPRI Tegaskan Netral dan Tegak Lurus dengan Negara, Pancasila dan UUD 1945


SLAWI , LIPUTAN 12 . COM - Hal tersebut disampaikan dalam sambutan Ketua Umum Dewan Pengurus Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) Nasional pada Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) KORPRI ke – 52 Tingkat Kabupaten Tegal,  di Lapangan Pemkab Tegal, Rabu (29/11/2023) pagi. 

Dalam sambutan Ketua Umum Dewan Pengurus Korpri Nasional yang di bacakan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekdretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tegal, Suspriyanti selaku Inspektur Upacara. Disampaikan bahwa peringatan HUT Ke- 52 Korpri tahun 2023 mengusung tema Korprikan Indonesia. 

Suspriyanti menyampaikan bahwa saat ini terjadi perubahan yang sangat cepat karena dua hal besar yaitu karena perkembangan teknologi dan karena perubahan harapan masyarakat yang terus meningkat. Dua faktor besar pengubah kehidupan ini harus disikapi oleh KORPRI. Saat ini dunia sudah digerakan oleh AI (artificial inteleigence), IoT (internet of thing), Big Data, sistem dan algoritma pemrograman, coding, maupun verifikasi biometrik sehingga kita tidak bisa lagi menggerakan pemerintahan dengan cara-cara lama. 


Kita tidak boleh menyelesaiakan masalah saat ini dengan pendekatan masa lalu. Kita harus menyelesaikan masalah yang ada saat ini dengan pendekatan yang paling update. Digitalisasi dalam proses, hasil layanan dan marketing semua produk layanan pemerintahan sudah merupakan kebutuhan. Harapan masyarakat terhadap pemerintah semakin meningkat tajam. 

“Masyarakat sangat berharap pemerintah memberikan pelayanan yang lebih cepat, lebih mudah, lebih akurat. Layanan saat ini sudah harus bisa diakses secara online, cepat dan tepat. Untuk itu, KORPRI harus mampu membaca dan menjawab perubahan ini guna mengembangkan birokrasi Indonesia yang betul-betul mampu menjadi motor penggerak menuju Indonesia Emas 2045,” kata Suspriyanti.

Selain itu, ditegaskan bahwa terdapat bagian yang menarik dalam Sejarah kehidupan KORPRI ketika disandingkan dengan pemilu presiden dan pilkada. Dua event besar ini selalu dikaitkan dengan netralitas ASN dan netralitas KORPRI. Tahun 2024 akan berlangsung pemilihan Presiden, DPR, DPD, DPRD dan pemilihan 38 Gubernur/wakil Gubernur dan 514 Bupati/Wakil Bupati/Walikota/Wakil Walikota. Hal Ini merupakan proses demokratisasi terbesar di dunia yang harus disukseskan bersama. 


“Saya percaya bahwa KORPRI sebagai organisasi yang sudah berkali-kali menghadapi Pilpres dan Pilkada sudah sangat paham dan terlatih untuk tetap berada dalam posisi netral dan tegak lurus dengan Negara, Pancasila dan UUD 1945,” ungkap Suspriyanti.

Dalam upacara yang juga dihadiri oleh Forkompimda Kabupaten Tegal itu juga berlangsung penyerahan tanda kehormatan Satya Lencana Karya Satya. Penghargaan di berikan kepada, Kepala Dinas P3AP2KB, Kabupaten Tegal, Khofifah. Kepala Bidang Penataan Desa Dinas Permades Kabupaten Tegal, Mohammad Riccio Trozzibeta dan Kasi Angkutan Dan Terminal Dinas Perhubungan Kabupaten Tegal Agil Prayogi.(Ag)



Tags : Pemerintah 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama