Cegah Peredaran Uang Palsu Jelang Pemilu 2024, Polisi Sosialisasikan CBP Rupiah


KOTA TEGAL , LIPUTAN 12 . COM - Satbinmas Polres Tegal Kota bersama Bhabinkamtibmas gelar silaturahmi sekaligus sosialisasi gerakan Cinta, Bangga dan Paham (CBP) Rupiah. Sosialisasi digelar bersama warga lingkungan Rt 03 Rw 02 Kelurahan Debong Tengah, Tegal Selatan, Kota Tegal.

Kaur Binops Satbinmas Polres Tegal Kota Ipda Juli Triana mengatakan, sosialisasi tersebut bertujuan untuk mencegah dan mengantisipasi beredarnya uang palsu (upal). Terlebih saat ini sudah menjelang perhelatan Pemilu 2024.

"Saat ini kita akan menghadapi Pemilu, tentunya rentan dimanfaatkan oleh para pelaku kejahatan untuk mengedarkan uang palsu,” ujar Ipda Juli, Minggu (15/10/2023) malam.


Selain mengajak untuk meningkatkan keamanan lingkungan, lanjut Ipda Juli,  silaturahmi ini juga sekaligus untuk mensosialisasikan hasil kegiatan TOT Bhabinkamtibmas bersama Kantor Bank Indonesia Perwakilan Tegal.

"Kami sampaikan kepada masyarakat, agar waspada terhadap peredaran uang palsu. Salah satunya melalui metode 3D, yakni dilihat, diraba, dan diterawang. Termasuk tidak merusak atau mencorat-coret mata uang rupiah. Sosialisasi ini juga sebagai tindak lanjut hasil pelaksanaan Training Of Trainer ( TOT) bersama Bank Indonesia Perwakilan Tegal di Pekalongan beberapa minggu yang lalu," tambahnya.

Ipda Juli Triana menambahkan, selain sosialisasi pencegahan uang palsu, tidak kalah pentingnya peran serta seluruh warga dalam menjaga keamanan lingkungan. Yaitu melalui peningkatan kegiatan Satkamling menjelang pesta demokrasi Pemilu 2024 mendatang.

"Oleh karena itu kami mendorong kepada seluruh warga, untuk menggiatkan kembali Satkamling atau ronda malam. Sehingga harapannya kondusifitas keamanan  lingkungan dan wilayah Kota Tegal tetap terjaga," tuturnya.(Ag)



Tags : Polri 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama