Peduli ODGJ, Kapolres Ngawi Bantu Cukur dan Potong Kuku

NGAWI, Liputan12.com - Penghuni Lembaga Sosial Kemasyarakatan (LSK) Rehabilitasi Jiwa "Assyifa" atau biasa disebut dengan panti ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa) yang beralamat di Dusun Berjing Desa Cepoko Kecamatan Ngrambe Kabupaten Ngawi menerima perlakuan istimewa dari Polres Ngawi Polda Jatim.

Pasalnya Kapolres Ngawi AKBP Argowiyono, S.H., S.I.K., M.Si bersama Pejabat Utama dan para Polwan memberikan tenaganya untuk mencukur rambut, keramas dan memotong kuku para ODGJ yang dirawat di panti tersebut, pada Selasa (19/9/2023)

"Selain memberikan bantuan berupa paket sembako, kami juga memotong rambut, keramas dan memotong kuku para ODGJ, agar mereka menjadi lebih bersih. Mereka terlihat senang," tutur Argo kepada media.

Kedatangan Kapolres Ngawi bersama rombongan, disambut oleh pimpinan panti Ny. Rina dan Forkopimcam Ngrambe serta dinas kesehatan 

Penghuni panti antusias dalam menyambut tamu, terbukti dengan menunjukkan kepiawaiannya dalam menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang disertai dengan mengangkat tangan, sebagai tanda hormat kepada NKRI dan peragaan senam bersama.

Selain menyapa dan berbincang dengan para penghuni panti, Kapolres Ngawi juga melakukan sendiri pencukuran, pencucian rambut dan memotong kuku para ODGJ.

Tak berhenti sampai disitu, rombongan dari Polres Ngawi juga meninjau beberapa ruangan yang digunakan untuk merawat ODGJ, sejumlah 130 orang dari yang berat sampai yang ringan hingga proses penyembuhan dan dikembalikan ke keluarganya. 

“Terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada pengasuh panti yang telah sabar dalam memberikan ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat kepada penghuni Assyifa dengan penuh kasih sayang," lanjut Argo

Kapolres Ngawi berharap kepada para tenaga pengasuh dan pengurus panti Assyifa yang tidak pernah lelah dalam memberikan wawasan dan pengetahuan untuk bekal para pasien sehingga saat bergabung kembali dengan masyarakat bisa hidup lebih mandiri. Pihaknya juga meminta kepada ODGJ untuk selalu semangat demi kesembuhannya.

"Para ODGJ ini harus kita perhatikan lebih dari yang normal, agar mempunyai kepercayaan diri tinggi dan merasakan kasih sayang dari lingkungannya," tutup Kapolres Ngawi

Sebagai informasi, bantuan sosial yang diberikan Polres Ngawi kepada panti rehabilitasi Asyyifa berupa ratusan paket sembako dan uang tunai. 

Pimpinan panti Ny. Rina mengucapkan terima kasih atas kepedulian Polres Ngawi kepada penghuni panti.

"Alhamdulillah, bantuan yang diberikan sangat bermanfaat. Terima kasih pak Kapolres. Polres Ngawi sering memberikan bantuan kepada kami," ucap Rina,

(Hms/Arifin)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama