Sumsel Memecahkan Rekor MURI Pemeriksaan Gula Terbanyak Di Indonesia

PALEMBANG - Liputan 12 com
 Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) berhasil memecahkan  Rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) dengan peserta pemeriksaan gula terbanyak di Indonesia.

Piagam rekor MURI yang diraih Sumsel tersebut melibatkan  15000 secara serentak memeriksakan gula darahnya yang digelar dalam rangka  Ulang Tahun Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Palembang ke-50 Tahun 2023 belerjasama denvan BPJS Kesehatan. 
Penghargaan bergengsi itu diterima langsung oleh Gubernur Sumsel H Herman Deru bertempat di Griya Agung, Minggu (30/7) pagi.

Usai menerima penghargaan dari MURI Herman Deru mengucapkan rasa syukur atas capaian tersebut. Terlaksananha pemeriksaan gula darah secara serentak  yang digagas BBLK Palembang saat tepat sebagai kampanye edukasi dalam  menyadarkan masyarakat betapa pentingnya menjaga kesehatan sedini mungkin.

Dia menilai  kemitraan BBLK Palembang dengan Pemprov Sumsel sejauh ini berlangsung sangat baik terlebih lagi saat masa pandemi Covid 19.

Herman Deru  juga mengajak seluruh tenaga kesehatan maupun mitra kerja dibidang kesehatan untuk terus melakukan sosialisasi pada masyarakat terkait pencegahan penyakit sejak dini dengan  tindangan preventif.
Menurutnya BPJS Kesehatan sangat berperan dalam mensosialisasikan tindakan preventif kepada masyarakat. Oleh kerena itu ia mengajak BPJS kesehatan lebih getol melakukan  sosialisasi.

"Saya mengajak BPJS juga untuk memasang rambu bagaimana menciptakan pola sehat,"  tambahnya.

Sementara itu Direktur Jendral Kesehatan Masyarakat Kemenkes RI, Maria Endang mengapresiasi kegiatan pemeriksaan gula darah serentak dengan peserta 15000 orang yang diadakan BBLK dan BPJS Kesehatan, dan Pemprov Sumsel.

Menurutnya kegiatan tersebut adalah upaya dalam mencegah penyakit diabetes sejak dini.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Direktur Tata Kelola Kesehatan Masyarakat Kemenkes RI, dr. Mayangsari, Ketua Lembaga Kesehatan Pengurus Besar Nahdatul Ulama, dr. Zulfikar.(Mursalan)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama