Presiden Jokowi Lantik 833 perwira TNI - POLRI

Jakarta, Liputan12.com - Presiden RI Joko Widodo melantik dan mengambil sumpah 833 orang calon perwira remajaTentara Nasional Indonesia dan Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Pelantikan para perwira dari Akademi TNI itu didasarkan pada Surat Keputusan Presiden Nomor 52/TNI Tahun 2023 yang dilakukan pada upacara Prasetya Perwira TNI-Polri Tahun 2023,di Halaman Istana Merdeka,Jakarta,Rabu (26/07/23) pagi.

Sementara itu,para perwira yang berasal dari Akademi Kepolisian dilantik berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 53/Polri Tahun 2023.

Para perwira yang dilantik terdiri atas 357 perwira dari Akademi Militer, 94 perwira dari Akademi Angkatan Laut, 114 perwira dari Akademi Angkatan Udara, dan 268 perwira dari Akademi Kepolisian.

Dikutip akun Setpres, Presiden Joko Widodo meminta perwira muda TNI dan Polri untuk senantiasa menyiapkan diri menghadapi ancaman perkembangan teknologi yang berlangsung dengan cepat,dunia kemiliteran dan kepolisian berubah dengan cepat,sehingga Indonesia tidak boleh ketinggalan dan harus terus mengamati perkembangan teknologi agar bisa menjalankan tugas menghadapi ancaman dengan baik.

"Oleh karena itu,saya minta kepada Saudara-saudara untuk terus belajar,menempa kemampuan dan keahlian, menguasai pengetahuan dan teknologi dan terus berinovasi."Ucapnya saat pimpim pelantikan.

Presiden Jokowi menyampaikan bahwa para perwira tersebut akan memulai perjalanan pengabdian nyata untuk membuktikan kemampuan dan kesetiaan dalam mengemban tugas melayani masyarakat,bangsa dan negara.Tugas para perwira muda TNI dan Polri tidaklah mudah dalam menjaga stabilitas keamanan negara,memelihara keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),serta meneruskan tongkat estafet kepimpinan bangsa.

"Saudara-saudara akan menghadapi situasi yang sangat berbeda.Dunia mengalami perubahan yang sangat cepat,disrupsi teknologi yang sangat pesat,geopolitik yang sangat dinamis saat ini,yang (semuanya) harus disikapi secara tepat dan cepat." Terang Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi meminta agar para perwira muda TNI dan Polri berusaha menjadi teladan bagi masyarakat dengan menjaga integritas,menjunjung tinggi etika dan nilai keprajuritan,serta selalu berada di garis terdepan dalam membantu masyarakat luas dan berharap TNI-Polri terus meningkatkan sinergi,meningkatkan komunikasi dan interaksi,serta sering bekerja sama untuk memecahkan masalah-masalah bersama.saya merasa bangga atas pelantikan para perwira muda TNI dan Polri ini.

"Saya turut bangga terhadap prestasi putra dan putri,Bapak, Ibu.Mereka bukan hanya kebanggaan Bapak,Ibu sekalian Mereka juga kebanggaan bangsa Indonesia." Jelasnya.

(Nfn/phay)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama