Bunda PAUD di Kota Dukung Inovasi Penjaminan Mutu PAUD Secara Teringrasi



TEGAL , LIPUTAN 12 . COM – Bunda PAUD Kota Tegal, Roro Kusnabilla Erfa Dedy Yon sangat mendukung inovasi  Penjaminan Mutu Paud  secara Teringrasi,  Terpadu dan Berkelanjutan ( SI DUTA ) yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal dalam meningkatkan capaian Renstra Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal tahun 2019-2024 yang memiliki arah kebijakan peningkatan kualitas pendidikan sesuai standar pendidikan dan peningkatan layanan pendidikan.

“Sangat mendukung inovasi yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal, apalagi saya sebagai Bunda PAUD di Kota Tegal juga mendorong bagaimana Transisi PAUD menuju ke jenjang SD lebih menyenangkan, anak PAUD itu tidak harus bisa baca, tulis dan berhitung  tetapi mereka bisa mampu mengenal, bersosialisasi dan berkarakter” ucap Roro Kusnabilla.

Hal tersebut disampaikan saat Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) ke-39 Kota Tegal yang dipusatkan di Pendopo Ki Gede Sebayu, Komplek Balai Kota Tegal, Selasa (25/7/2023) diikuti oleh ribuan anak-anak TK dan PAUD se-Kota Tegal.


Perlu diketahui capaian persentase PAUD yang terakreditasi minimal B pada  tahun 2023 di Kota Tegal baru  mencapai 50,52 persen dan target capaian PAUD 2024 sesuai Renstra adalah minimal 80 persen  terakreditasi minimal B untuk semua satuan PAUD. Sekaitan  dengan hal tersebut perlu adanya terobosan inovasi guna meningkatkan mutu  PAUD  di Kota Tegal. 

Melalui SI DUTA Penjaminan  Mutu PAUD di Kota Tegal diharapkan mutu  PAUD di Kota tegal akan semakin meningkat guna menyongsong era Egenerasi Emas tahun 2045. 

Dalam giat tersebut di laksanakan Gerakan Makan Menu Seimbang dan Gemar Minum Susu. Ketua Tim Penggerak PKK Kota Tegal, Roro Kusnabilla Erfa Dedy Yon saat giat tersebut menyampaikan, ajakan Gerakan Makan Menu Seimbang dan Gemar Minum Susu tersebut merupakan cara untuk mencegah stunting terutama pada anak-anak TK dan PAUD.

Menurutnya, mereka berada dalam masa pertumbuham yang sangat pesat, sehingga dengan gemar minum susu dapat mencegah anak dalam keadaan stunting.

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Tegal berpesan bahwa makan makanan yang bergizi tidak selalu harus mahal. Menurutnya yang terpenting masyarakat harus tahu bagaimana memilih makanan yang sehat.(Ag)





Tags : Pendidikan 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama