Warga Mataram Mengeluh, Pangkalan Mandi Umum di Penuhi Eceng Gondok

PALEMBANG, Liputan12.com  - Warga yang berdomisili di pinggiran sungai mengeluhkan dengan banyaknya eceng gondok dan sampah yang mengapung dan menutupi pangkalan mandi umum warga yang berlokasi disamping jembatan kuning wilayah Rt 07 Rw 02 Kelurahan Kemas Rindo Kecamatan Kertapati Kota Palembang Provinsi Sumsel.

Pangkalan mandi tersebut merupakan tempat warga melakukan aktifitas sehari hari mencuci pakaian dan mandi, warga setempat sudah sering kali membersihkan eceng gondok tersebut tapi bukannya berkurang tapi malah semangkin menumpuk saja.

Menurut Ketua Rw 02 Kustolani saat dikonfirmasi awak media ini mengatakan, saat ini anak sungai/ Das yang berada di Mataram tidak bisa dilalui oleh perahu warga yang akan ke sawah, dikarnakan banyaknya eceng gondok yang terapung memadati di sekitar jembatan kuning Mataram.

Bukan itu saja pangkalan mandi umum tempat warga melakukan aktifitas mencuci pakaian dan mandi menjadi terganggu, dikarnakan eceng gondok tersebut menutupi pangkalan mandi umum tersebut" katanya,sabtu (10/06/2023)

Sambungnya, enceng gondok tersebut sudah berapa kali dibersihkan warga tapi bukannya berkurang malah bertambah banyak. Eceng gondok tersebut tidak bisa hanyut dan semangkin menumpuk, dikarnakan terhalang oleh jembatan kuning yang menghubungkan ke Rt 32 dan Rt 33.

" Kami atas nama warga setempat mengharapkan agar kepada dinas terkait yang ada di Kota Palembang, dapat menurunkan tim nya untuk membersihkan anak sungai/ Das tersebut dari eceng gondok, karna itu sangat mengganggu aktifitas warga" ucapnya.

Diajuga menambahkan, bahwa hal ini sudah lama sekali terjadi, dan belum pernah mendapat perhatian yang serius dari dinas terkait yang ada di Kota Palembang seperti di tempat tempat lain.

Sementara itu Partiana salah satu ibu rumah tangga warga setempat juga menyampaikan, merasa sangat kesal dengan adanya eceng gondok yang menutupi dua pangkalan mandi tersebut.

" dengan adanya eceng gondok tersebut kami tidak bisa mencuci pakaian dan mandi dipangkalan tersebut, karna eceng gondok sudah sangat menumpuk dan sulit untuk dibersihkan" tuturnya.

Dia juga menjelaskan, pangkalan mandi tersebut bukan saja warga sekitar setempat yang menggunakannya. Tapi ada juga warga dari Rt depan yang mencuci dan mandi disana.

" Adanya pangkalan mandi tersebut sangat kami butuhkan, sudah lama kami menggunakan pangkalan mandi tersebut untuk mencuci dan mandi disana" pungkasnya. 

Mursalan 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama