TNI AD Kodam II/Swj Menggelar Penyembelihan Hewan Qurban Berupa 14 Ekor Sapi Dan 5 Kambing

Palembang, Liputan12.com - TNI AD Kodam II Sriwijaya menggelar Shalat Idul Adha dan Pemotongan Hewan Kurban di lapangan Mako Bintaljarahdam II/Swj Kota Palembang, Kamis(29/06/2023). 

Tahun ini Kodam II Sriwijaya menerima hewan qurban dari pejabat yang berqurban yakni Panglima TNI 1 (satu) ekor sapi, Pangdam 7 (tujuh) ekor sapi, Kasidam 1 (satu) ekor sapi dan 1 (satu) ekor kambing, dengan total qurban sebanyak 14 ekor sapi dan 5 ekor kambing yang diterima secara simbolik oleh Kasdam.

Letkol. Kav. Syarul Hidayat selaku Wakabintal Dam II Sriwijaya mengatakan, Hari ini kami melaksanakan shalat Idul Adha dan dilanjutkan penyembelihan hewan qurban dan distribusi daging kurban kepada yang berhak menerimanya.

"Penyembelihan hewan qurban diawali dengan penyerahan secara simbolik oleh Bapak Kasdam 14 ekor sapi dan 5 ekor kambing secara simbolik untuk mewakili pihak-pihak yang berqurban, setelah itu dilanjutkan dengan penyembelihan hewan qurban yang dilaksanakan oleh panitia yaitu dari TNI dengan mengikutsertakan masyarakat," Ujarnya.

Lanjut Letkol. Kev. Syahrul menuturkan, Penyembelihan hewan qurban tersebut melibatkan masyarakat, dengan total panitia kurang lebih 70 orang, yang terdiri dari 20 orang dari masyarakat dan 50 orang dari pihak TNI sendiri.

"Potongan-potongan daging qurban ini akan kita bagikan kepada pihak yang berhak sesuai ketentuan syariat, untuk yang berhak menerima yang pertama, pihak yang berkorban atau sohibul qurban. Yang kedua akan kita bagikan kepada fakir miskin dan kaum duafa yakni, ada15 Panti Asuhan yang kita akan berikan daging kurban. Dan yang ketiga, yang pihak yang menerima adalah para sanak saudara atau tetangga atau teman atau pihak-pihak yang ada di sekitar kodam," Terangnya

Pihaknya sudah menyiapkan kurang lebih 2.500 kupon, dengan berat setiap kantong kurang lebih 1 Kilogram. Tahun ini ada peningkatan dari tahun kemarin yang hanya ada 8 ekor sapi sekarang ini sudah 14 ekor sapi, sedangkan untuk kambing tidak ada peningkatan.

"Kita berharap daging-daging yang kita berikan dan kita distribusikan ini dapat sedikit memberikan kegembiraan atau kebahagiaan kepada rekan-rekan kita, sanak saudara, dan tetangga kita yang ada di sekitar wilayah Mako," Harapnya.

Dengan pemotongan hewan qurban ini juga diharapkan akan terjalin ikatan batin antara TNI AD khususnya Kodam II Sriwijaya dengan masyarakat luas terutama pihak-pihak yang menerima daging qurban.

"Mudah-mudahan tahun depan akan tetap kita berikan, dan terjalin silaturahim, ikatan batin antara TNI AD khususnya Kodam II Sriwijaya dengan masyarakat semakin erat dan semakin harmonis," Tutupnya 

(Rian).

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama