Sinergi TNI/Polri dan Pemda Batang Wujudkan Jalan Penghubung Berkualitas



BATANG , LIPUTAN 12 . COM - Warga Desa Sembung Kecamatan Banyuputih dan Desa Ketanggan Kecamatan Gringsing kini dapat dengan mudah melintas. Pasalnya kondisi jalan yang sulit dilalui, sehingga selama bertahun-tahun harus menempuh belasan kilometer jika bepergian ke kota Batang.

Namun kini masyarakat merasa senang setelah jalan penghubung di daerah tersebut dibangun beton melalui program TMMD Sengkuyung Tahap I oleh Kodim 0736/Batang.

Jalan penghubung sepanjang 1,2 kilometer ini dibangun menggunakan alokasi APBD Provinsi Jawa Tengah dan APBD Kabupaten Batang dengan total dana sebesar Rp536 juta. Selain itu, Kepala Desa Sembung, Muhammad Untung juga memberikan sumbangan pribadi sebesar Rp500 juta untuk mendukung pembangunan jalan tersebut.


Dandim 0736/Batang, Letkol Inf Ahmad Alam Budiman, menyampaikan bahwa pembangunan jalan penghubung ini berhasil dilaksanakan berkat sinergi yang kuat antara TNI/Polri, Pemerintah Daerah, dan masyarakat setempat. "Kualitas beton yang digunakan juga sangat baik. Partisipasi luar biasa dari warga kedua desa tersebut, mereka juga merasa senang karena kegiatan perekonomian dan pendidikan di daerah ini menjadi lebih lancar," tambahnya saat mendampingi Penjabat Bupati Batang, Lani Dwi Rejeki, dalam kunjungan mereka ke jalan penghubung di Desa Sembung, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Batang pada Kamis (8/6/2023).

Kepala Desa Sembung, Muhammad Untung, menjelaskan bahwa ia memberikan sumbangan pribadi tersebut karena jalan penghubung tersebut merupakan akses utama menuju Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB). "Banyak warga kami yang bekerja di sana, sehingga kami sangat bersemangat untuk memudahkan akses mereka. Sebelumnya, mereka harus memutar sejauh 13 kilometer, tetapi sekarang cukup 3 kilometer saja," ungkapnya.


Penjabat Bupati Batang, Lani Dwi Rejeki, memberikan apresiasi atas sinergi semua elemen masyarakat dalam mendukung pembangunan jalan penghubung antara kedua desa tersebut. "Pemerintah Kabupaten Batang sangat mengapresiasi Kepala Desa Sembung karena dengan sukarela memberikan sumbangan pribadi untuk mendukung pembangunan jalan ini," tandasnya.

Nampak Kapolres Batang AKBP Saufi Salamun turut menghadiri acara penutupan TMMD Sengkuyung Tahap I di lapangan bola Desa Sembung Kecamatan Banyuputih.(Ag)


Tags : Pemerintah 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama