Sampah Plastik Menjadi Fokus Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2023


TEGAL , LIPUTAN 12 . COM - Sampah plastik menjadi fokus pada peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2023 tingkat Kota Tegal. 

Hal tersebut disampaikan oleh Wali Kota Tegal, H. Dedy Yon Supriyono, pada acara Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2023 yang bertema "Solutions To Plastic Pollution" di Alun-alun Kota Tegal, Senin (5/6) pagi.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wali Kota Tegal, Jajaran Forkopimda Kota Tegal, Pj. Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tegal, Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Kota Tegal, Camat dan Lurah se-Kota Tegal, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Tegal dan para peserta pemenang lomba dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2023.


Dalam sambutannya, H. Dedy Yon Supriyono menyampaikan bahwa generasi saat ini sudah harus melakukan upaya untuk berinvestasi terhadap bumi dengan mengurangi penggunaan plastik dan mengelola sampah plastik.

"Saat ini waktunya kita berpikir dan bergerak melakukan sesuatu yang belum dilakukan generasi sebelum kita untuk menjaga bumi yang kita cintai," ujar Dedy Yon.

Dedy Yon menyebutkan ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi sampah plastik, misalnya saat berbelanja bisa dengan membawa tas atau kantong belanja sendiri dari rumah.

"Kantong belanja ini tentu kita upayakan yang bisa dipakai berulang kali. Kemudian saat makan di rumah makan atau restoran, kita bisa membawa sendok, garpu, sumpit, sedotan, dan botol minum sendiri dari rumah," papar Dedy Yon.

Sementara itu, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan,  Prof. DR. IR. Siti Nurbaya, M.SC dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wali Kota Tegal menyampaikan bahwa   polusi plastik adalah ancaman nyata yang berdampak pada setiap komunitas diseluruh dunia. Diproyeksikan oleh United Nation Environment Programme (UNEP) bahwa pada tahun 2040 akan terdapat 29 juta ton plastik masuk ke ekosistem perairan.

"Melalui peringatan Hari Lingkungan Hidup Se-Dunia 2023, saya menyerukan semua stakeholder, untuk bersama-sama menemukan dan memperjuangkan solusi untuk sampah plastik ini," paparnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tegal sekaligus Ketua Panita Penyelenggara, Dra. Nani Lestari, M.M., dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan dari peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2023 adalah solusi mengurangi polusi sampah plastik untuk bumi yang lebih hijau, ini menjadi momen penting untuk mempromosikan gaya hidup sirkular di dalam masyarakat terutama mengenai sampah plastik yang marak dihasilkan.


Acara peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2023 tingkat Kota Tegal disimbolkan dengan penanaman pohon oleh Wali Kota Tegal, beserta Forkompimda Kota Tegal dan Pj. Sekda Kota Tegal, dan Ketua Tim Penggerak PKK Kota Tegal. Selain itu dilaksanakan juga penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba dalam memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2023 antara lain lomba kebersihan lingkungan OPD, lomba penilaian kinerja pengolahan sampah di TPST/TPS 3R/Bank Sampah, Lomba Kader Adiwiyata tergiat, dan penghargaan Adiwiyata Kota Tegal.

Acara peringatan Hari Lingkungan Hidup sedunia tahun 2023 juga diramaikan dengan pameran poduk UMKM yang ditampilkan oleh perwakilan SD,SMP dan SMA/SMK di Kota Tegal.(Ag)



Tags : Pemerintah 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama