Pemkot Tegal Adakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila



TEGAL , LIPUTAN 12 . COM – Upacara bendera dalam rangka peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 tingkat Kota Tegal berlangsung di Halaman Pendopo Ki Gede Sebayu Kompleks Balai Kota Tegal, Kamis (1/6) pagi. 

Hadir Forkopimda Kota Tegal, Dandim 0712/Tegal, Danlanal Tegal, Kapolres Tegal Kota, Kepala Kejaksaan, Ketua Pengadilan serta Pj. Sekretaris Daerah Kota Tegal. Peserta upacara dari PNS, TNI/Polri, ormas, mahasiswa, dan pelajar.


Wali Kota Tegal, H. Dedy Yon Supriyono sekaligus Inspektur Upacara membacakan langsung sambutan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Dalam sambutan tersebut Presiden mengutarakan bahwa Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya merupakan falsafah dasar, pandangan hidup bangsa, dasar negara, ideologi, kekuatan pemersatu bangsa, dan sumber segala sumber hukum negara. Pancasila sebagai dasar dan ideologi
Pancasila digali dan lahir dari bumi Indonesia menjadi konsensus nasional, untuk itu sudah selayaknya semua bangsa Indonesia mengaktualisasikan Pancasila. Sehingga Pancasila senantiasa diamalkan dalam berbagai sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Pancasila mengandung nilai-nilai etis yang berakar pada pengalaman faktual dan pengalaman akal serta pengalaman religius.

Presiden menambahkan dalam sambutan tersebut bahwa Hari lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni, memiliki makna bagi rakyat dan bangsa Indonesia, tidak hanya menjunjung tinggi Pancasila sebagai dasar negara ataupun tujuan berbangsa, namun turut menjadikan Pancasila sebagai pegangan dalam kehidupan sehari-hari. 

‘’Pancasila bukan hanya untuk dibaca dan didengar namun harus dipraktikkan dan diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga nilai- nilai pancasila akan tertanam di dalam hati bangsa Indonesia,’’ paparnya.

Selain itu, Presiden dalam sambutannya mengajak pada peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2023 untuk bergotong-royong membangun peradaban dan pertumbuhan global. 

‘’Mari kita berkomitmen untuk bersama-sama menanamkan, menegakkan, dan menjaga Pancasila dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Mari kita berkomitmen untuk bersama-sama menguatkan jati diri dan karakter bangsa, sikap dan perilaku patriotik, cinta tanah air, serta menjaga toleransi dan kerukunan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,’’ ujar Presiden dalam sambutannya yang dibacakan Wali Kota Tegal.(Ag)



Tags : Pemerintah 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama