Pelaksanaan Sholat Idul Adha Dan Pemotongan Hewan Kurban Yang Di Gelar Di Masjid Jami Muhammadiyah Palembang

Palembang - Liputan12.com - Hari ini tepat tanggal 10 Dzulhijjah 1444 Hijriyah, Jama'ah Muhammadiyah kota Palembang melaksanakan sholat Idul Adha dan pemotongan hewan kurban yang di gelar di Masjid Jami Muhammadiyah jalan Balayudha Palembang, Rabu (28/06/2023).

Usai melaksanakan sholat Ied secara berjama'ah, dilanjutkan pemotongan (Penyembelihan) hewan kurban oleh panitia Masjid Jami Muhammadiyah dengan jumlah 11 ekor sapi dan 6 ekor kambing.
Ketua Masjid Jami Pimpinan Ranting Muhammadiyah Balayudha, Muhammad Fadhil mengatakan, Hari ini kita menyelenggarakan penyembelihan kurban yang terdiri dari 11 sapi dan 6 ekor kambing dengan kondisi sehat karena ada surat kesehatan.

"Kurang lebih ada 1.000 kupon sapi dan 90 kupon kambing yang kita bagikan, kita kerjasama dengan 6 RT untuk menyeleksi siapa-siapa yang dapat," Ujarnya.

Fadhil menambahkan, Setiap sapi pihaknya melebihkan masing-masing 5 kantong dengan jumlah yang bervariatif, mengingat antusias warga tahun kemarin yang datang mengantri cukup tinggi. Walaupun sedikit tetap disiapkan untuk warga diluar kupon, karena merupakan kewajiban umat Muslim saling tolong menolong untuk yang membutuhkan. 

"Hewan yang di kurbankan ini berasal dari masyarakat 8 sapi, 3 sapi dari SMA Muhammadiyah 6 yang setiap tahun rutin karena bagian dari Syiar SMA muhammadiyah 6. Ada satu sapi dari keluarga Pak Asrul, sisanya dari masyarakat dan institusi dengan bobot di atas sepikul (110 Kg - 120 Kg)," Bebernya.

Dalam memaknai hari Ied kurban ini, fadhil menjelaskan, sebagai umat muslim sudah seharusnya kita meneladani Bapaknya dari para nabi yakni nabi Ibrahim tentang luar biasa Kesabaran Beliau dalam menjalankan peritah-Nya, dan kita melakukan sunah-sunah Nabi Muhammad karena Baginda Rosul melakukannya sehingga kita juga melakukannya.

"Hikmahnya, banyak sekali orang-orang yang tidak pernah makan daging, tidak hanya dagingnya juga bentuk kebersamaannya karena memang daging kurban ini bukan hanya untuk orang miskin saja tapi untuk orang kaya juga dan untuk mengetuk hatinya untuk kurban," Tutupnya (Rian).

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama