PDM dan PDA Dikukuhkan, Rida Ananda ; Muhammadiyah telah banyak sumbangsih untuk Pemkot Payakumbuh

 
Payakumbuh,Liputan12.com — Bertempat di GOR M. Yamin Kubu Gadang, kelurahan Tiakar, kecamatan Payakumbuh Timur, Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) dan Pengurus Daerah Aisyiyah (PDA) Kota Payakumbuh periode 2022-2027 dikukuhkan oleh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sumatra Barat DR. Bakhtiar, M. Ag, Minggu 18 Juni 2023.

Terlihat dalam pengukuhan tersebut dihadiri Gubernur Provinsi Sumatra Barat yang diwakili Staf ahli Gubernur bidang pembangunan kemasyarakatan dan SDM, Erinaldi, Pj. Walikota Payakumbuh Rida Ananda bersama jajaran Forkopimda, dan wakil ketua DPRD Provinsi Sumatra Barat Irsyad Syafar dan tamu undangan dari Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang diwakili Sekretaris Muhammad Izzul Muslimin.

Pengukuhan PDM dan PDA kota Payakumbuh periode 2022-2027 merupakan tindak lanjut atas hasil Musyawarah Daerah Muhammadiyah ke 2 Kota Payakumbuh yang telah dilaksanakan pada tanggal 4 sampai 5 Maret 2023, serta Musyawarah Daerah yang juga telah dihelat oleh PDA Kota Payakumbuh sebelumnya.

Ketua PDM kota Payakumbuh terpilih, Irwandi Nasir dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih atas kepercayaan yang telah diberikan padanya untuk mengemban amanah ketua PDM Kota Payakumbuh hingga masa periode berakhir. 

Dengan telah dilantiknya sebagai ketua PDM Kota Payakumbuh, Irwandi berharap kedepannya sinergi Muhammadiyah dengan Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh dalam segala lini bidang, terutama dalam bidang keagamaan akan menjadi lebih kokoh dan kuat lagi kedepannya,” ungkapnya.

Dalam kesempatan pengukuhan tersebut juga disalurkan bantuan secara simbolis dari LazisMu dan Mesjid Ansharullah Muhammadiyah Payakumbuh. Penyaluran bantuan tersebut terbagi dalam beberapa aspek bidang ; 

 1. Bidang ekonomi (peduli UKM) untuk 15 orang Mustahiq berupa gerobak gorengan, becak dan modal usaha dengan total bantuan sebanyak Rp. 50.000.000,-
 2. Beasiswa Sang Surya yang diberikan untuk 200 orang mahasiswa dengan besaran Rp. 1.000.000,- setiap mahasiswa penerima.
 3. Beasiswa Mentari yang terbagi untuk setip jenjang pendidikan. Untuk tingkat SD disalurkan sebanyak Rp. 300.000 setiap siswanya, tingkat SMP disalurkan sebanyak Rp. 50.000.000 untuk 125 orang yang diterima sebanyak Rp. 400.000 setiap siswa/siswi penerimanya, dan untuk tingkat SMA disalurkan sebanyak Rp. 62.500.000 untuk 125 orang yang diterima sebanyak Rp. 500.000 setiap penerimanya.
 4. Santunan anak yatim (Mesjid Ansharullah Muhammadiyah Payakumbuh) sebanyak Rp. 150.000.000 yang akan disalurkan sebanyak Rp. 500.000 setiap anak penerimanya.
Menyambut baik atas apa yang disampaikan ketua PDM Kota Payakumbuh terpilih, Pj. Walikota ucapkan selamat kepada pengurus terpilih serta dengan pengalaman, pengetahuan, dan semangat yang dimiliki oleh pengurus yang baru ini, saya yakin Muhammadiyah Kota Payakumbuh akan semakin maju dan berjaya di masa yang akan datang,” ucap Rida Ananda.

“Tentunya juga mewakili Pemko Payakumbuh, saya sangat apresiasi yang setinggi-tingginya atas peranan Muhammadiyah dalam berbagai bidang di Kota Payakumbuh. Muhammadiyah telah berperan aktif dalam dakwah, pendidikan, dan ekonomi umat melalui amal usaha Muhammadiyah dan LazisMu,” lanjutnya.

Disampaikan orang nomor satu dilingkup Pemko Payakumbuh itu jika Muhammadiyah selama ini dengan upaya dakwah dan penyebaran nilai-nilai Islam yang telah dilakukan dengan gigih oleh seluruh ulama, kader dan anggota Muhammadiyah di Kota Payakumbuh. Kita tidak boleh melupakan sumbangsih Muhammadiyah dalam memajukan perekonomian umat melalui berbagai program dan inisiatif yang telah mereka lakukan,” ungkap Rida semangat.

Terlihat disampaikan dengan semangat, Rida turut memuji organisasi Islam itu. Rida kembali ungkapkan jika Muhammadiyah dengan penuh semangat persaudaraan dan cinta kepada Allah, telah menjadi mitra yang strategis bagi Pemerintah Kota Payakumbuh dalam menjalankan tugasnya.
“Kolaborasi antara Muhammadiyah dan Pemerintah Kota Payakumbuh selama ini berlandaskan kebersamaan, saling mendukung, dan membangun kebaikan bersama,” tuturnya.

Lebih lanjut, pada bidang pendidikan, Rida ungkapkan peran Muhammadiyah juga patut diacungi jempol. Melalui berbagai lembaga pendidikan yang dikelola, Muhammadiyah telah memberikan kontribusi yang signifikan dalam pembangunan SDM di Kota Payakumbuh. 

“Di Kota Randang ini, telah berdiri bangunan megah Fakultas Pertanian, disamping adanya sekolah Muhammadiyah dari berbagai jenjang Pendidikan seperti, Bustanul Athfal, Madrasah Islamiah Muhammadiyah, SD, SMP dan SMA Muhammadiyah, yang berkualitas dan berakhlak mulia,” beber Rida bahagia.

Selain bidang pendidikan, tidak kalah pentingnya, peranan Muhammadiyah dalam memajukan ekonomi umat juga patut kita apresiasi. Dalam era yang serba kompleks ini, masyarakat membutuhkan bimbingan dalam menghadapi tantangan ekonomi.

“Melalui berbagai program dan kegiatan ekonomi yang dilakukan, Muhammadiyah telah memberikan pencerahan, pembinaan, dan bantuan kepada masyarakat agar mampu mandiri dan berkembang dalam bidang ekonomi. Dukungan yang diberikan oleh Muhammadiyah sangat berarti dalam menjaga keberlanjutan perekonomian Kota Payakumbuh,” ungkapnya.

Sebelum menutup sambutannya, Rida Ananda kembali sampaikan selamat atas pengukuhannya untuk pengurus baru PDM dan PDA Kota Payakumbuh.

“Selamat atas pelantikan untuk pengurus baru baik Muhammadiyah maupun Aisyiyah, selamat bekerja mudah-mudahan tambah sukses, lancar dan Muhammadiyah yang menjadi organisasi yang tidak pernah berhenti untuk membantu Kota Payakumbuh menjadi lebih maju dan besar lagi”, tutupnya. (Aldo)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama