HOAX : TIMUR versus PALEMBANG.

Palembang, liputan 12 (24/6/23)

Beredar Berita di sosial media (sosmed) baik foto maupun penggalan video , tertusuk nya pemuda dari daerah timur,yang sedang menjalani operasi luka Sobek di pinggang.
Kemudian dihembuskan berita provokasi yang membenturkan dua suku, korban dari Warga Indonesia timur dan pelaku berasal dari Palembang.
Dan kemudian dibumbui dengan ancaman bahwa pihak korban akan melakukan balas dendam dengan suku pelaku (orang Palembang).

Hal ini sengaja dihembuskan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.
Hal ini terkomfermasi dengan rilis, testimoni kelompok korban yang di fasilitasi oleh pihak kepolisian Polsek Cengkareng.
Didalam testimoni terungkap kejadian sebenarnya,bahwa korban dan pelaku berasal dari wilayah yang sama.(Timur),dan dipicu permasalahan salah paham dan pengaruh alkohol.
Namun berkat kesigapan Polsek Cengkareng, persoalan tersebut telah diselesaikan kedua belah pihak, dengan jalan damai.

Menanggapi khabar tersebut, Kapolsek Cengkareng berharap warga jakarta khususnya,dan masyarakat Indonesia , seluruh Nusantara untuk tidak termakan berita hoax,yang akan menimbulkan kekacauan dan permusuhan antar suku.

Apalagi menjelang Pemilu hal semacam ini bisa merusak kondusifitas dan Kamtibmas, untuk memecah belah demokrasi.
Untuk itulah kita diharapkan bijak menerima informasi dan berita dari Media sosial,yang sangat masiv,dan viral dalam sekejap.
Bersikap bijaksana dan selalu melakukan cek n ricek, kemudian tidak mudah termakan issue.
(Purwondo Palembang)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama