Bupati Motivasi Jemaah dan Petugas Pendamping jamaah Haji.

Limapuluh Kota,Liputan12.com - Sebanyak 274 Jemaah Haji asal Limapuluh Kota yang tergabung dalam kloter V Embarkasi Padang memasuki minggu kedua di tanah suci, Mekah, Saudi Arabia. Tentu, berbagai rangkaian ibadah telah dilaksanakan jemaah haji Limapuluh Kota bersama jutaan jemaah haji dari berbagai penjuru dunia. Guna memompa semangat para jamaah dalam melaksanakan ibadah Haji, Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt.Bandaro Rajo turut memberikan suntikan motivasi kepada para jemaah pada Jum'at, (16/06/2023)/27 Zulqaedah 1444 H di Pemondokan Haji Sumbar Al Tayseer Towel Hotel, Jarwal, Mekah. Selain memberikan motivasi, kegiatan tersebut sekaligus dirangkai dengan briefing pelaksanaan Haji kloter V bersama ketua kloter, tenaga kesehatan, petugas Haji daerah, pembimbing ibadah, ketua rombongan dan ketua regu.
Ketika dihubungi Tim Humas Diskominfo Limapuluh Kota, Bupati Safaruddin menyampaikan, kami mengumpulkan para jemaah kloter V yang terdiri dari Jemaah Kabupaten Limapuluh Kota dan Kota Padang Panjang untuk memberikan motivasi tambahan agar lebih semangat dalam menjalankan ibadah Haji. Saat memberikan motivasi kepada jemaah, Ia menceritakan bahwa para jemaah sebagai tamu istimewa Allah, karena banyak orang yang punya uang tapi belum terpanggil untuk datang, banyak orang yang punya waktu belum punya kesempatan untuk datang dan banyak orang yang punya jabatan dan kekuasaan tapi tidak bisa untuk mengantarkannya ke tanah suci, maka dari itu katanya, berserah dirilah dan berusaha maksimal dalam beribadah. "Selain itu, cuaca yang jauh berbeda di Limapuluh Kota, sangat berpengaruh terhadap kondisi para jemaah, untuk itu kami memberikan masukan kepada para jemaah untuk selalu menjaga kesehatan dengan makan teratur dan istirahat yang cukup," ungkapnya kepada Tim.
Selain memberikan motivasi kepada para Jemaah, Bupati Safaruddin juga memberikan dorongan semangat kepada para petugas yang mendampingi para jemaah. "Kami meminta para petugas untuk saling bekerja sama dalam memperhatikan kondisi dan kebutuhab jemaah, terlebih jemaah haji Limapuluh Kota tahun ini kebanyakan telah berusia lanjut," pungkasnya. 

Sementara itu, Ketua Kloter V, Irfan Junaidi dalam laporannya menyampaikan, dari 387 Jemaah Haji yang tergabung dalam kloter V Embarkasi Padang, sebanyak 55 Jemaah dalam kondisi sakit/risiko tinggi dan sakit dirawat sebanyak 2 orang. "Untuk persiapan menuju Arafah untuk melaksanakan Wukuf, para petugas haji telah melakukan konsolidasi dengan Kepala Rombongan/Regu serta Maktab tentang persiapan di Armuzna (Arafah, Muzdalifah, Mina)," ujar Irfan. Dengan Wuquf yang kian dekat, kesiapan diri serta harapan untuk tuntas segala rukun haji bagi jemaah haji kian penting, Irfan berharap seluruh Jemaah kloter V dalam kondisi sehat sehingga mampu menuntaskan setiap rukun haji.(cg)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama