Upacara Hardiknas , Peserta Pakai Baju Adat Nusantara



TEGAL , LIPUTAN 12 . COM - Upacara Peringatan Hari  Pendidikan Nasional tahun 2023, Kota Tegal diselenggarakan dengan hidmat. Peserta upacara menggunakan berbagai pakaian adat se-Nusantara. Peserta Upacara yang dilaksanakan di Halaman Pendopo Ki Gede Sebayu, Rabu (3/5/2023) tersebut dihadiri oleh Guru, PGRI dan perwakilan Mahasiswa, perwakilan dari Pelajar SMP, SMA sederajat se Kota Tegal.

Baju adat yang dikenakan peserta upacara dari mulai baju adat Tegalan, Baju Adat Bali, Jawa, dan berberapa pakaian adat nusantara.
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal, Ismail Fahmi menyampaikan pakaian adat nasional yang dipakai oleh peserta upacara dimaksudkan untuk mensosialisasikan dan memberikan pengertian kepada peserta upacara yang berasal dari pelajar SMP, SMA sederajat, bahwa bangsa Indonesia itu terdiri dari beraneka ragam suku dan budaya termasuk adat nasionalnya yang sangat bagus dan baik dipakai saat pelaksanaan Upacara Hari Pendidikan Nasional. 


Ismail Fahmi berharap sesuai dengan tema nasional "Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar", Kota Tegal bisa menjadi pilot project pelaksanaan sekolah penggerak termasuk guru penggerak, dan betul -betul platform merdeka belajar bisa dioptimalkan untuk pembelajaran di setiap satuan pendidikan demi untuk meningkatkan kemampuan siswa baik secara literasi, numerasi maupun dalam kaitannya dengan pendidikan karakter.

Wali Kota Tegal, H. Dedy Yon Supriyono yang bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam sambutannya menyampaikan pada hakikatnya pendidikan adalah tanggungjawab kita semua. Semua unsur masyarakat, baik Lembaga Pendidikan, Pemerintah orang tua maupun masyarakat luas pada umumnya, memegang peranan dalam menyukseskan program belajar. 

Menurutnya apapun kurikulum yang ditentukan oleh Pemerintah Pusat harus dapat kita terapkan dan kita langsanakan sebaik-baiknya, karena pendidikan adalah bekal bagi anak-anak kita dalam menyongsong masa depan dan melanjutkan perjuangan pembangunan kita.

Mengakhiri sambutan, H. Dedy Yon menyampaikan selamat hari pendidikan 2023, kepada seluruh peserta upacara dan berharap momentum Hari Pendidikan ini bisa membangkitkan semangat kita semua untuk bisa memberikan yang terbaik dalam perjuangan pendidikan di Indonesia.

"Sekali lagi saya sampaikan selamat Hari Pendidikan Nasional tahun 2023, momentum Hari Pendidikan ini hendaknya bisa membangkitkan semangat kita semua untuk bisa memberikan yang terbaik dalam perjuangan pendidikan di Indonesia," pungkas Wali Kota Tegal.(Ag)




Tags : Daerah 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama