Peternakan sapi masih Sepi Peminat Hewan Kurban.


Palembang, liputan 12.
Menjelang Hari Raya qurban (Idhul Adha), yang biasanya para pengurus masjid dan musholla, jauh jauh hari sudah survei dan memesan hewan qurban untuk disembelih, namun sampai saat ini, lebih-kurang satu bulan lagi,kandang dan peternakan sapi ,masih belum banyak yang datang untuk melihat atau memesan hewan kurban.

Hal ini di sampaikan oleh Pak Jumadi, pemilik peternakan sapi dan kambing, yang berada dijalan Ponorogo, kelurahan Sukajaya,sukarami, Palembang.
"Minat jamaah masjid/Musholla , seperti nya berkurang tuk qurban tahun ini,sebab biasanya setelah idul fitri sudah banyak yg pesan,tapi untuk tahun ini baru 10% yang datang, itupun sekedar bertanya dulu,belum memesan." Keluh kesah pak Jumadi.
Padahal harga dan stok sapi masih relatif normal,untuk harga kisaran  17,5 juta rupiah, sampai 25 juta ,untuk jenis sapi bali .
kalau jenis simental ataupun lemosin itu kisaran Rp 25 smpai 35 juta.
mungkin dampak dari PMK tahun lalu yang bikin sepi pembeli.kata pak Jum.

Sapi sapi yang ada di kandang pak Jum di datangkan dari lampung sekitar 7 bulan yg lalu.
Faktor  cuaca yang sangat panas dan kering, yang membuat sapi sapi rentan terkena penyakit , sehingga resiko yang bakal terjadi juga lebih tinggi, untuk itulah perawatan menjelang Idhul Adha nanti, lebih ekstra hati hati.
Senada dengan Pak Jumadi,Hal sepinya sebulan menjelang Idhul Adha,juga di rasakan pak Safe'i, yang dirinya sering di order sebagai jasa jagal di masjid dan musholla, mengkoordinir empat sampai lima orang tenaga penyembelihan hewan qurban.
Informasi yang disampaikan kepada nya,  Masjid atau musholla yang biasa menyembelih 5 sampai 6 ekor sapi,tahun ini cuma 2sapi, penurunan nya hingga 40persen, apalagi harga sapi diperkirakan naik dikisaran 1 juta sampai 2 juta per ekor dari tahun sebelumnya dengan ukuran sapi yang sama.
Namun sejauh ini belum ada hal lain yang mempengaruhi minat qurban para jamaah masjid, Musholla dan masyarakat umum untuk berkurban.
(Responden: liputan 12 Palembang)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama