PENTING ! Peran serta masyarakat dalam pengendalian "BANJIR".

Palembang, liputan 12.(16/5/23).

 Untuk kesekian kalinya sosialisasi peningkatan peran serta masyarakat dalam pengendalian banjir " di gelar Dinas PUPR kota Palembang.
Masih ditempat yang sama, di ruang Prameswara, Gedung Walikota Palembang, namun kali ini giliran kecamatan Alang Alang lebar.

Acara dimulai dari pukul,8.00wib, sampai dengan pukul 12.30 wib.
Seyogyanya acara akan dibuka oleh walikota Palembang, namun karena berhalangan hadir,maka ditunjuk lah staf Ahli Bidang pemerintahan, sosial dan kemasyarakatan,ibu Zanariah.SIP.MSi.yang menyampaikan sambutan tertulis wali kota Palembang dalam acara tersebut.

Hadir pula Kepala Dinas PUPR kota Palembang,H.Ahmad Bastari.ST.MT.IPM.Asean Eng.,Kepala bidang SDA.IL,  Ir.RA.Marlina sylvia.ST.MT.MSi,MSc,IPM Asean Eng.,Sekcam Alang Alang lebar,M.Yunizar,S.sos,MSi,Ketua komunitas Sungai,para RT dan RW sekecamatan Alang Alang lebar.
Hal ini dirasa penting dilakukan, karena banyaknya aduan,dan keluhan masyarakat di beberapa wilayah terdampak banjir.
Sehingga Selain melakukan penanganan,juga penting dilakukan monitoring dan evaluasi wilayah terdampak, untuk menentukan langkah yang tepat untuk menangani masalahnya.
Selain itu Tim sosialisasi juga berperan penting dalam rangka, menjalin peran serta masyarakat dalam hal, memberikan informasi kepada dinas PUPR, untuk mendapat penanganan terhadap masalah yang terjadi dilapangan.
Untuk itu lah acara sosialisasi dalam rangka Peran serta masyarakat dalam hal pengendalian banjir mutlak dilakukan.
Agar Selain untuk menyampaikan informasi, tapi juga dapat menjadi edukasi, terutama kepada kepala wilayah terendah, seperti RT dan RW,dimasing masing kecamatan Kota Palembang.
Hal suka dan duka tentunya bukan lah hal yang luar biasa bagi petugas lapangan, dalam rangka sosialisasi, dan sampai ke tahapan eksekusi,tidak sedikit ancaman,caci maki yang diterima dari Warga masyarakat yang merasa gerah dengan kerja nyata PUPR dalam hal ini bidang SDA.IL." hal ini diungkapkan Kepala dinas PUPR disela penyampaian materi.
Diskusi semakin hangat, saat Kabid SDA.Ir.Marlina memberikan materi sosialisasi, seakan para peserta sosialisasi sudah begitu akrab.
Mungkin inilah salah satu tujuan acara tersebut digelar, agar komunikasi, informasi,dan sinergitas antara pemerintah yang dalam hal ini dinas PUPR, dengan warga masyarakat yang terwakili oleh RT dan RW.
Dan harapan kota Palembang terbebas dari banjir,bisa berbuah manis, minimal berkurang nya daerah terdampak banjir dan dapat mengatasi genangan Air dibeberapa wilayah Dikota Palembang, dengan seringnya sosialisasi dilakukan pemerintah.
(Purwondo Palembang)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama