Pemusnahan Arsip Tanpa Asap (Mutas) 7 Organisasi Perangkat Daerah Sumsel


Palembang, Liputan12.com - Pemusnaan Arsip tanpa Asap (Mutas) dari 7 Organisasi Perangkat Daerah, yang diadakan di Dinas Kearsipan Provinsi Sumatera Selatan, dilaksanakan pada Selasa, (30/5/2023).

Pemusnaan Arsip dihadiri langsung oleh Gubernur Sumsel H. Herman Deru (HD), Direktur Akuisisi Arsip Nasional Wawan SIP MAP, Kepala Dinas Kearsipan Daerah Provinsi Sumsel, Prof Dr. H. M. Edwar Juliartha, S.Sos., M.M., Ustad Solihin Hasibuan serta segenap Jajaran Dinas Kearsipan dan Laskar Merah Putih (LMP) MADA Sumsel turut hadir.

Menurut (HD), Arsip itu sangatlah Penting setiap Dinas harus betul2 mencermati serta menjaganya, untuk lebih aman penjagaannya maka diharapkan untuk menyerahkannya ke Dinas Kerarsipan Provinsi Sumatera Selatan. 

Sungguh luar biasa, Interaksi dari sebuah aktivasi yang luar biasa dilaksanakan oleh Dinas Kearsipan Sumsel, yang telah bekerja keras untuk menjaga dan merawat nilai-nilai budaya (Arsip), sehingga dapat terjaga hingga saat ini yang di Dokumentasikan.

Tambahnya, Masa lalu tanpa jejak (Dokumen) maka akan hilang begitu saja tetapi dengan adanya Arsip maka nilai-nilai sebuah perjuangan, nilai Sejarah akan tertatah rapi menjadi sebuah Dokumentasi yang tentunya menjadi kekuatan Hak. 
Ditempat yang sama, Kepala Dinas Kearsipan Sumsel Prof Dr. H. M. Edwar Juliartha, S.Sos., M.M., mengatakan Arsip yang sudah melampaui masanya, tidak dapat digunakan lagi maka itu dapat dimusnakan melalui pertimbangan bersama, yang telah memenuhi aturan dan itu harus disetujui team, baik tem Verifikasi sampai ke Pusat.

Pemusnahan Arsip dilakukan dalam 1 tahun sekali, yang mana tahun 2023 ini ada 21.633 berkas dalam bentuk arsip Pisik dari 7 OPD yang ada di Provinsi Sumatera Selatan,“ Tutupnya (Rian).

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama