Kelotok Bawa Gas LPG Tengelam Aktivis ormas LAKI Angkat Suara

KAYONG UTARA, Liputan12.com -
Terjadi Musibah kapal (motor air) membawa Gas elpiji Sebanyak 400 biji yang di peruntukan untuk masyarakat kec Tanjung satai. Kayong Utara, Kalimantan barat yang beberapa waktu lalu tenggelam di perairan Kayong Utara tepat nya Laut tanjung turun sekitar jam 19 WIB tgl 9 Maret 2023. " hasim ketua tim investigasi dpc laki KKU Angkat Bicara. Senin, 15/5/2023



" Menurut keterangan Hasim. Dengan terjadi nya musibah tersebut masyarakat menjadi resah dikernakan kekosong elpiji 3kg ditambah tidak ada tindakan atau pun penjelasan dari pemerintah desa ataupun dari bumdes kapan elpiji didatangkan.ucap Hasim kepada awak media.

Menurut penjelasan dari masyarakat elpiji yg dikelola bumdes Punya pengecer dan masyarakat.


Selama bumdes didirikan tiadak ada penjelasan ataupun laporan perkembangan bumdes ..berapa hasil setiap hunnya serta tidak ada keterbukaan bumdes kepada masyarakat .


"Masyarakat merasa heran seharusnya bumdes berpacu kepada aturan yg sudah ditetapkan oleh pemerintah tugas dan fungsi pengawasan yang terletak pada pasal 28 dengan dilanjutkan pada pasal 31 pada bagian bab IV peraturan pemerintah no 11 thn 2021 Namun semua tidak pernah dilaksanakan. Tegas Hasim 


Dengan tidak berfungsi nya pengawasan terjadi lah penggunaan Angaran Di duga tidak tepat sasaran contoh besar seperti pembelian motor air dengan nominal (diduga) Rp 20jt lebih untuk transfortasi pengambilan Gas elpiji tidak sampai 1 thn motor tersebut sudah tidak dapat dipergunakan ini benar sangat disayang kan oleh masyarakat. Cetus Hasim.


'Tujuan pemerintah dengan berdiri bumdes bisa meningkatkan perekonomian masyarakat Namun semua itu jauh dari harapan. Seperti diinginkan era reformasi thn 1999 yang mana diterbitkan uu 22/1999(pasal 108) terbit peraturan tersebut mendorong mengelola sumber daya secara efisien. Yang diperjelas PP 72/2005 (pasal 78 ayat 1)

Harapan kepada pemangku jabatan tolong di evaluasi kenerja bumdes tj satai Yg Mana hasil Investigasi dpc Laki kayong Utara, Di duga Ada penyimpangan. Tutup Hasim. 
Mhd

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama