Kapolres Cirebon Kota Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023

Polres Cirebon Kota, Liputan12.com - Kapolres Cirebon Kota, AKBP ARIEK INDRA SENTANU, SH, S.IK, MH., memimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2023 di lapangan upacara Polres Cirebon Kota.

Upacara yang berlangsung pada hari Kamis, tanggal 1 Juni 2023 pukul 07.00 WIB ini dihadiri oleh sejumlah pejabat dan anggota Polres Cirebon Kota.

Dalam upacara tersebut, Kapolres Cirebon Kota membacakan Amanat Presiden Republik Indonesia yang disampaikan oleh Inspektur upacara. Dalam amanat tersebut, dijelaskan bahwa Pancasila dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya memiliki peran penting sebagai Falsafah Dasar, Pandangan Hidup Bangsa, Dasar Negara, Ideologi, Kekuatan Pemersatu Bangsa, dan Sumber Segala Sumber Hukum Negara. Pancasila merupakan dasar dan ideologi negara yang mampu menyatukan berbagai keragaman yang ada, sekaligus menjadi pedoman dinamis dalam kehidupan bangsa untuk mewujudkan cita-cita pendirian negara, yaitu masyarakat Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur.

Selain itu, penting bagi seluruh rakyat Indonesia untuk mengaktualisasikan Pancasila dalam berbagai aspek kehidupan, baik dalam bermasyarakat, berbangsa, maupun bernegara. Pancasila mengandung nilai-nilai etis yang berasal dari pengalaman faktual, akal, dan pengalaman religius bangsa Indonesia. Dengan mengamalkan nilai-nilai Pancasila, kita dapat memperlihatkan rasa cinta terhadap Tanah Air dan membangun bangsa serta negara yang lebih baik. Pengamalan nilai-nilai Pancasila dapat dilakukan melalui tindakan sederhana, seperti saling menghargai, bekerja sama, dan saling menghormati.

Pancasila bukan hanya menjadi dasar negara dan tujuan berbangsa, tetapi juga menjadi pegangan dalam kehidupan sehari-hari. Pancasila tidak dapat digantikan oleh apapun, baik pada masa lalu, saat ini, maupun masa yang akan datang. Oleh karena itu, peringatan Hari Lahir Pancasila ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan pengamalan nilai-nilai Pancasila, serta mendorong pencapaian kinerja, prestasi, terobosan, dan pembaharuan di tahun 2023 dan masa yang akan datang.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres Cirebon Kota juga mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bersama-sama menyukseskan Pemilihan Umum 2024, yang akan diselenggarakan secara serentak di tahun mendatang. Keterlibatan aktif seluruh komponen bangsa diharapkan dapat mewujudkan Pemilu yang jujur, aman, dan damai. Ucapnya melalui Kasi humas Polres Cirebon Kota Iptu Ngatidja, SH.MH.

Tarya

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama