Jalan Jalan ke Lombok Kades Se Kabupaten Lahat, dengan alasan Bimtek .

Liputan.12.com.
 Belum lama ini, puluhan, bahkan ratusan Kepala Desa (Kades) se Kabupaten Lahat dari berbagai kecamatan berangkat untuk mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) ke Lombok, Selasa (30/5).

Kegiatan yang mengatas namakan Bimtek ini dirasa janggal, menggingat anggaran yang dikeluarkan cukup besar, yakni sejumlah  17 juta per Kades untuk 10 hari perjalan ke Lombok dan Bali.

Selain itu, acara Bimtek yang hampir rutin dilakukan tiap tahun oleh  Kades di Lahat ini dirasa percuma, karena tidak setiap pulang dari kegiatan tersebut, tidak ada hasil yang bisa di implementasikan ke desa.
Karena itu, ajang Bimtek ini hanya topeng bagi para Kades untuk jalan jalan, dengan menggunakan Alokasi Dana Desa (ADD).

EO Parira, Dahlia yang bertanggung jawab memberangkat Kades dari 9 Kecamatan  di Kabupaten Lahat di tanggal 8 Juni nanti mengaku jumlah anggaran tersebut wajar.

"Anggaran 17 juta itu sudah seluruhnya, dari seragam, hotel dan studytour di Bali. Selain itu, kami pun mendatangkan narasumber dari Kapolres, Kajari dan PWI Lahat," ujarnya melalui via telpon.

Selain itu, dirinya yang mengaku dari orang media Kemuning Pos cetak  tersebut tidak menanggapi pertanyaan awak media yang mengatakan bahwa kegiatan ini tidak menghasilkan apa apa untuk Kades dan hanya sekedar jalan jalan.

"Kami merangkul semua media di Lahat untuk mengangkat nama ayuk agar dikenal di Kabupaten Lahat," katanya saat ditanya perihal tersebut diatas.

Untuk anggaran yang dirasa mahal, dirinya menuturkan hal tersebut wajar, mengingat transportasi para Kades disitu semua, tidak ada apa apanya.

"Kami memang merangkul 9 kecamatan di Lahat untuk Bimtek ke Lombok ini, tapi tidak full, karena ada Kades yang tidak mengganggarkan," tandasnya.
Informasi yang di dapat awak media bahwa yang memberangkatkan Bimtek Kades ke Lombok ada tiga Cv yaitu, Cv Parira,Peraja dan LCC. Untuk dua CV Peraja dan Lcc  sudah berangkat pada hari sabtu,(27/05/23) malam minggu menuju Bandara Sultan Mahumud Badarudin II Pelambang terbang pada hari minggu pagi",ucap salah satu kedes yang di berangkatkan Cv Peraja yang enggan disebut kan namanya. 

Sementara Itu, EO Peraja ,Dedi saat di konfimasi membenarkan bahwa pihak nya sudah memberangkat beberapa kades untuk ke lombok dalam rangka Bimtek",ya benar ada tiga Cv yang sudah melakukan kerjama bimtek dengan beberpa kades di 24 Kecamatan Lahat Kabupeten Lahat",ucap Dedi 
Jurnalis : SARONI

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama