HENDRO SATRIO PASTIKAN JEMBATAN AMMAT SEGERA TUNTAS MEI 2023

 

SULUT, Liputan12 
-Kementrian PUPR melalui Balai Pelaksana Jalan Nasional mengalokasikan dana sebesar Rp.44.996.605.000 untuk pembangunan penggantian jembatan yang ada di desa Ammat kecamatan Tampan'Amma kabupaten kepulauan Talaud propinsi Sulawesi Utara.
Pembangunan jembatan Ammat sepanjang 120 meter ditanda tangani kontrak  oleh kontraktor pelaksana PT Pasifik Nusa Indah.
Namun berdasarkan ketentuan  pelaksanaan pekerjaan jembatan Ammat yang harus selesai bulan November lalu ternyata sampai saat ini belum tuntas. 

Kasatker wilayah III Okto F Silitonga ST, MT ketika dikonfirmasi soal keterlambatan penyelesaian pekerjaan pembangunan jembatan, melalui asisten tehnik menjelaskan, bahwa hal ini disebabkan oleh beberapa alasan, yakni antara lain karena cuaca ekstrim yg terjadi beberapa bulan terakhir. Kemudian desa Ammat terletak di daerah kepulauan Talaud yang tidak memiliki sumber material sesuai dengan Spek, sehingga penggunaan semua material harus didatangkan dari luar kepulauan dengan menggunakan kapal tongkang menyeberangi lautan dengan segala resiko. 
Bahkan setelah beberapa minggu pelaksanaan proyek berjalan terjadi perubahan, sehingga rencana awal pekerjaan salah satu sisi fondasi jembatan tidak menggunakan tiang pancang. 
Tapi ternyata sementara dalam pelaksanaan berdasarkan kebutuhan kondisi struktur tanah di lokasi terpaksa mengharuskan menggunakan tiang pancang dengan kedalaman bervariasi sampai 20 meter, maka Kasatker mengajukan review design.
"Inilah yang paling menyita waktu dalam pelaksanaan, karena ketika terjadi perubahan disign maka ada penambahan tiang pancang. 
Sementara material pabrikasi ini tidak ada di Sulawesi Utara, dipesan lagi dan didatangkan langsung dari Surabaya. Dalam waktu kurang lebih tiga bulan baru tiba di Talaud", jelasnya.
Sekalipun ada adendum penambahan waktu namun demikian pelaksanaan proyek pembangunan jembatan ini dikenakan sangsi membayar denda keterlambatan.

Ditemui di ruangannya Kepala Balai membenarkan pernyataan Kasatker wilayah III.
"Dipastikan bahwa pekerjaan jembatan Ammat sudah harus selesai pada bulan Mei 2023 ini", ujar Hendro Satrio.M.K ST, MT
(Jean Eva)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama