SAMPAH PASCA LEBARAN.

Palembang, liputan 12 (25/4/23)

Pasca lebaran Idhul Fitri, tentunya banyak sekali macamnya sampah rumah tangga, mulai dari makanan kemasan, botol minuman,dan sisa makanan pasca lebaran yang teronggok dikotak sampah rumah.

Namun semua itu bukanlah masalah,tapi justru menjadi berkah,bagi kuyung Jauhari, koordinator TPS talang aman,yang berada dipinggir Subdam kelurahan talang aman kecamatan Kemuning Palembang.

Bahkan dia menambah tenaga penertiban sampah bagi warga masyarakat yang akan membuang sampah di TPS tersebut,pasca lebaran.

Setiap kendaraan yang datang membawa sampah disambut dengan ramah dan sigap,baik yang memakai roda dua maupun roda empat.
Dan tidak ada tarif khusus atau ditentukan sebagai jasa untuk kerja mereka.
Dan semua sampah tersusun rapi dalam kantong plastik,tidak berhamburan, tercecer keluar bak sampah.
Sehingga TPS yang berada di jalan perikanan ini tetap terlihat rapi dan bersih.

Bagi mereka hal ini Selain menjadi lahan rezeki,tapi juga bentuk kepedulian atas kebersihan.
Dimana sampah adalah masalah klasik disetiap kota, termasuk kota Palembang.
Hal ini memang seperti biasa saja, namun bagi masyarakat ini luar biasa,dihari Raya, kuyung Jauhari dan kawan kawan,rela tidak bersuka ria di hari raya, namun lebih memilih mengajak kawan kawan nya mengais rezeki dan menertibkan sampah.
Sehingga mengurangi masyarakat membuang sampah di saluran air, kolam retensi,dan dilahan kosong, sehingga menjadikan lingkungan menjadi kotor dan bau.
Semoga pemerintah daerah, melihat hal ini adalah salah satu peran serta masyarakat dalam peduli sampah,dan menjadi lapangan kerja.dan memberikan apresiasi dan perlindungan terhadap relawan sampah seperti Kuyung Jauhari dan kawan kawan.
(Purwondo Palembang)


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama