RAKOR KEPALA LKD DAN PENGURUS ASOSIASI KEPALA LKD SE INDONESIA

Palembang, Liputan12.com — 
Provinsi Sumatera Selatan kembali menjadi tuan rumah kegiatan nasional yaitu Rapat Koordinasi Kepala Lembaga Kearsipan Daerah (LKD) dan Pengurus Asosiasi Kepala LKD se Indonesia.


Acara yang dihadiri dan diikuti oleh Kepala LKD Provinsi dan Kabupaten/Kota se Indonesia ini dilaksanakan pada Kamis, (13/4/2023) di Emilia Hotel, Jl.Iskandar, Palembang-Sumatera Selatan.

Kepala Dinas Kearsipan Provinsi Sumatera Selatan, Prof. Dr. H. M. Edwar Juliartha, S.Sos, MM dalam sambutannya sebagai tuan rumah menyampaikan bahwa tujuan Rakor ini yaitu untuk mewujudkan pelayanan administrasi Kearsipan yang terpercaya dan dukungan pengelolaan arsip bencana dan transformasi digitalisasi Kearsipan.


Sementara itu, Kepala Arsip Nasional RI (ANRI) Drs. Imam Gunarto, M.Hum dalam sambutannya menyampaikan bahwa Indonesia menghadapi darurat kearsipan yang mana sesuai hasil pengawasan kearsipan, hanya 30% LKD yang nilainya Baik.

“Dengan mengabaikan kearsipan, itu menjadi tanda suatu daerah atau bangsa kehilangan kejayaannya,” tegasnya.

Acara dibuka secara resmi oleh Gubernur Sumatera Selatan, H. Herman Deru menyampaikan terima kasih kedatangannya di kota Pempek.

Dia juga mengucapkan berterima kasih telah melaksanan kegiatan Rakor di Sumatera Selatan. Selaku Gubernur, H. Herman juga mengucapkan bahwa kendala kearsipan karena ketidaksadaran pimpinan daerah.

Ia juga menyampaikan bahwa kepala daerah yang abai dalam perhatiannya kepada pengelolaan kearsipan di daerahnya, tentu itu merupakan kemunduran dalam penataan kearsipan.

Sementara rombongan dari Sulawesi Selatan yang hadir dalam Rapat Koordinasi tersebut, adalah Kepala DISPUS ARSIP Prov.SulSel Ir.H.A.Parenrengi, MP didampingi Kepala Bidang Kearsipan, Dr.H.Basri, S.Pd., M.Pd dan Koordinator Arsiparis, Irzal Natsir, SE, M.Si.

LKD Sulsel sendiri memiliki peranan penting dalam acara Rapat Koordinasi ini, selain sebagai Wakil Ketua Asosiasi Kepala LKD se Indonesia.

Sulawesi Selatan sendiri ditunjuk sebagai Tim Perumus untuk Hari Kearsipan Nasional yang akan berlangsung pada bulan Mei di Jatim.

Ini disampaikan oleh Kepala Bidang Kearsipan DPK Sulsel Dr. Basri melalui sambungan telepon.

Menurutnya, kegiatan Rakor ini mengangkat isu yang sangat penting di bidang kearsipan yaitu bagaimana percepatan implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang turunannya Srikandi.

Selain itu, lanjut lulusan Diklat Pimpinan Lembaga Kearsipan satu-satunya di Sulsel itu menyampaikan terkait layanan dan efektifitas pengelolaan kearsipan.

“Jadi layanan bukan hanya bertumpu di Depo arsip saja akan tetapi akan ditekankan layanan digitalisasi kearsipan,” ungkap pemegang sertifikat Diklat Pimpinan Lembaga Kearsipan ini.

“Untuk arsip Dinamis ada Srikandi, sedangkan untuk digitalisasi arsip statis kita kembangkan Sistem Informasi Kearsipan Nasional (SIKN) dan Jaringan Informasi Kearsipan Nasional (JIKN),” tambahnya.

“Dan yang menjadi poin penting adalah apresiasi Gubernur Sumatera Selatan dengan perhatiannya dan konsen kepada pengelolaan kearsipan dapat menjadi acuan di Indonesia,” pungkasnya.(Rian)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama