Peringatan Hari jadi Kota Siantar Ke - 152 Diundur

PEMATANG SIANTAR, LIPUTAN12.com - Perayaan HUT Ke-152 Kota Pematang Siantar diundur menjadi tanggal 27 April 2023. Wali Kota Pematang Siantar Susanti Dewayani mengimbau para pimpinan OPD mengenakan pakaian adat Simalungun pada acara perayaan.

Seyogianya hari jadi Kota Pematang Siantar diperingati pada 24 April 2023. Namun dikarenakan perayaan Idul Fitri dan cuti bersama, perayaan hari jadi diundur.

Hal itu disampaikan Wali Kota Pematang Siantar Susanti Dewayani, dalam rapat pematangan persiapan kegiatan HUT ke-152 Kota Pematang Siantar, di rumah dinas wali kota, Jalan MH Sitorus, Kamis (20/04/2023).

"Jangan lupa semua komponen diundang, karena Raja Sangnaualuh Damanik merupakan milik masyarakat Kota Pematang Siantar," kata Susanti.

Susanti meminta kepada Camat Siantar Selatan Jufiter Sitepu bersama Lurah Simalungun untuk melakukan persiapan pada kegiatan Haul dan Ziarah ke Jerat Raja Siantar di Komplek Istana Raja Siantar di Pamatang, Kelurahan Simalungun.

"Tolong pemasangan umbul-umbul dilakukan di tempat strategis, termasuk di gerbang menuju lokasi dan memperhatikan kebersihannya," sebut Susanti.

Selanjutnya, mantan Direktur RSUD dr Djasamen Saragih Pematang Siantar itu meminta agar pada kegiatan rangkaian HUT Kota Pematang Siantar, terutama kepada pimpinan OPD dan lainnya, untuk mengenakan pakaian adat Simalungun.

"Jangan lupa disampaikan dalam undangan nantinya," katanya.

Susanti berharap momentum Hari Jadi Kota Pematang Siantar Ke-152 dapat terselenggara dengan baik. Dalam ini, katanya, dibutuhkan saling koordinasi antara instansi.

Kepada Ikatan Keluarga Islam Simalungun (IKEIS) Kota Pematang Sianțar Lisman Saragih dan jajaran pengurus bersama Pengurus Yayasan Raja Sangnaualuh Damanik yang hadir dalam rapat tersebut, Susanti berharap dukungan dan arahan sepenuhnya demi terselenggaranya kegiatan nantinya.

"Mohon kami dibimbing dan diberi arahan," pinta dokter spesialis anak itu.

Sementara itu, Ketua IKEIS Kota Pematang Siantar Lisman Saragih dalam sambutannya, mengaku mengapresiasi persiapan yang dilakukan Pemko Pematang Siantar dalam menyambut Hari Jadi Kota Pematang Siantar ke-152.

"IKEIS siap memberi masukan. Kita berharap Ibu Wali Kota hadir pada acara Haul yang diisi dengan penyantunan anak yatim nantinya," tutur Lisman

IKEIS, lanjut Lisman, menyatakan memberikan dukungan moril kepada dr Susanti dalam memimpin Kota Pematang Siantar, termasuk dalam pelaksanaan kegiatan peringatan Hari Jadi Kota Pematang Siantar ke-152.

Di kesempatan tersebut, Lisman bersama sejumlah pengurus IKEIS Kota Pematang Siantar dan pengurus Yayasan Raja Sangnaualuh Damanik serta sejumlah OPD menyampaikan masukan demi kelancaran kegiatan ini nantinya.

Kegiatan Haul Raja Sangnaualuh Damanik dalam rangka Hari Jadi Kota Pematang Siantar ke-152 dilaksanakan mulai Rabu (26/4/2023) dan Ziarah ke Jerat Raja Siantar.

[P.M / Kabiro Pematang Siantar]

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama