KPLP Lapas Kelas IIA Pematang Siantar Gelar Razia Mendadak



SIANTAR , LIPUTAN 12 - Lapas Kelas IIA Pematang Siantar lakukan penggeledahan mendadak (Razia Insidentil) dibeberapa Blom serta kamar hunian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Jumat (28/4/2023).

Razia mendadak yang dipimpin langsung oleh Kepala Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) Raymond Andika Girsang, beranggotakan 40 orang petugas.

Namun Raymond tidak sendirian, melainkan didampingi Kasi Binadik Erwin Siregar, Kasie Giatja H. Hutauruk, serta di ikuti oleh seluruh Staff KPLP dan seluruh regu jaga yang ada di Lapas Kelas IIA Pematang Siantar.

"Kami melakukan razia tersebut bertujuan sebagai deteksi dini agar pihak lapas mampu mengidentifikasi potensi kerawanan, agar Petugas Pam siap dengan cara bertindak "Qick Respon" gerak cepat, tepat dan benar ketika terjadi gangguan Kamtib di blok dan kamar hunian dalam lingkungan kerja masing-masing petugas," ucap Kalapas Pitra Jaya melalui pesan tertulisnya, Sabtu (29/4/2023).

Menurutnya, saat melaksanakan razia tersebut mereka tetal mengedapnkan dan mengutamakan langkah-langkas pencegahan (persuasif) dan cara humanis

Hal itu dimaksud sebagai bentuk antisipasi dari berbagai kemungkinan dan kerawanan di lapangan (blok serta kamar hunian wbp). Sedangkan untuk petugas Pam juga diharapkan agar senantiasa waspada dan tidak lengah apabila terjadi kedaruratan/kontijensi seperti kebakaran dan sebagainya.

"Saat razia kita melakukan pemerikasaan di kamar blok AA kamaar 01, 02, 04 dan 07, kemudian di Blok BB kamar 03, 05, 06 dan 07, selanjutnya blok Ambarita kamar 02, 04 dan 21, untuk kamar Blok cengkeh nomor 03, 05, 06 dan 08,"terangnya.

Ketika disinggung apa saja yang ditemukan saat melakukan razia mendadak, Pitra mengatakan kalau mereka ada menemukan sejumlah barang berupa 3 unit HP kecil, 3 unit colokan rakitan, 1 unit headset, dan 2 potong kabel.

"Barang-barang yang kita temukan saat razia langsung kita pecahkan kemudian kita musnahkan dengan cara kita bakar," tukasnya.

Lebih lanjut dikatakannya, ukuran keberhasilan, keamanan dan ketertiban ditandai dengan situasi aman kondusif serta tidak terjadi gangguan Kamtib, dengan demikian petunjuk dan arahan ini agar dipedomani dan dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab.

[ P.M ]



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama