Kapolresta Cirebon Laksanakan Pemantauan Penerapan One Way di GT Palimanan

Kabupaten Cirebon, Liputan12.com - Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Arif Budiman, S.I.K, M.H, melaksanakan pemantauan penerapan One Way di GT Palimanan, Kecamatan Gempol, Kabupaten Cirebon, Senin (24/4/2023) malam. Kebijakan one way tersebut diberlakukan dari GT Kalikangkung di KM 414 hingga GT Cikatama di KM 70 mulai pukul 14.30 WIB.

Menurutnya, kebijakan one way tersebut merupakan salah satu skema yang diterapkan dalam rangka pengamanan arus balik Lebaran 2023. Bahkan, sebelum one way diterapkan pihaknya bersama Korlantas Polri dan Ditlantas Polda Jabar telah melaksanakan clereance di rest area jalur tol di wilayah hukum Polresta Cirebon.
"Kami juga melakukan clereance dan penutupan pintu tol untuk kendaraan dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah sejak dua jam sebelum one way diterapkam. Langkah tersebut untuk memastikan tidak ada pengendara karena jalurnya akan dilintasi kendaraan dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta pada saat one way," kata Kombes Pol Arif Budiman, S.I.K, M.H.

Ia mengatakan, pola semacam itu telah diterapkan secara serentak oleh jajaran Polri disepanjang jalur tol dari KM 414 hingga KM 70 sebelum one way mulai diberlakukan. Selain itu, pihaknya juga menyiagakan personel di sepanjang jalur arteri di wilayah hukum Polresta Cirebon.

Penyiagaan personel tersebut untuk mengantisipasi kepadatan arus kendaraan akibat dampak dari penerapan one way di jalur tol. Pihaknya mengakui, tim urai juga disiagakan di jalur arteri dari mulai perbatasan Brebes, Jawa Tengah, hingga perbatasan Indramayu.

"Penyiagaan personel di jalur arteri ini untuk mencegah kepadatan kendaraan akibat dampak dari one way di jalur tol. Sejauh ini, arus lalu lintas dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta maupun sebaliknya di jalur arteri Kabupaten Cirebon juga relatif lancar dan tidak ada penumpukan kendaraan," ujar Kombes Pol Arif Budiman, S.I.K, M.H.

Ia mengakui, saat ini arus kendaraan dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta, khususnya di jalur tol wilayah hukum Polresta Cirebon mulai mengalami peningkatan. Bahkan, berdasarkan hasil catatan traffic counting di GT Palimanan jumlah kendaraan yang melintas dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta sejak one way diterapkan hingga pukul 20.00 WIB tercatat mencapai 12 ribuan unit.
Tarya

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama