Indahnya "DERMAGA 16 ILIR," dimalam hari.

Palembang, liputan 12 (27/4/23).

Memandangi indahnya jembatan Ampera di malam hari,memang tidak membosankan, apalagi dari kejauhan, suasana yang tenang,dan nyaman,dari dermaga 16 Ilir Palembang.
Kawasan yang dulu kumuh,dan menakutkan,apalagi di malam hari, kini menjadi tempat yang nyaman untuk bersantai,indah dan aman.

Kawasan yang berada dibawah jembatan Ampera, tepat di jantung kota Palembang, tepatnya di kelurahan 16 Ilir, kecamatan Ilir timur,I.Palembang.
Dermaga yang keseharian nya di gunakan para kuli angkut, untuk mencari nafkah, dengan membawa barang dari toko yang berada disekitar pasar 16 Ilir,ke dalam perahu tongkang, untuk Dibawa ke daerah jalur, sungsang, Sekayu,dan daerah luar kota Palembang.
Kini menjadi lebih mudah dengan adanya dermaga yang bersih,dan rapih.
Aktivitas kuli angkut dimulai dari jam 9.00 sampai jam 12.00,wib.
Dan dimalam hari nya tidak ada lagi aktivitas bongkar muat, sehingga dermaga terlihat sepi dan tenang, untuk dimanfaatkan bersantai warga sekitar dan para pemancing dari penjuru Palembang.
Ikan yang didapat dari tenang nya sungai Musi,ada ikan Patin sungai, Lumajang,ikan juaro,udang dan lain lain.
Juga disediakan kursi kursi untuk bersantai bersama keluarga.
Bahkan dermaga 16 Ilir, dimalam hari juga dimanfaatkan untuk berolahraga sepeda,main bola dan sepatu roda,karena pelataran yang tersedia,bersih dan rapi.
Tidak terlihat sedikit pun sampah berhamburan,semua sudut disediakan kotak sampah .
Sehingga dermaga nampak asri.
Meskipun banyak pedagang yang mengais rezeki, namun tetap menjaga kebersihan, sehingga tidak dibutuhkan petugas kebersihan khusus "ujar Dedi,salah satu warga yang tinggal di sekitar dermaga 16 Ilir.
"Bahkan kalau cuaca cerah kami sekeluarga hampir setiap malam menghabiskan malam bersantai di dermaga dengan anak istri " kata Dedi,yang berprofesi sebagai pedagang pempek panggang.
Bersantai di pinggir sungai Musi, sambil menikmati hangatnya bandrek susu,dan memancing seakan menjadi rutinitas pak Dedi.
Dermaga yang dibangun sekitar Tahun 2020, kemudian menjadi salah satu tempat wisata yang murah meriah untuk berselfi dan bersantai Warga kota Palembang,selain benteng Kuto besak,dan Sekanak lambidaro, yang tidak jauh dari dermaga 16 Ilir.
Sehingga sepanjang tepian sungai Musi di bawah jembatan Ampera semakin indah,dan asri.
(Purwondo Palembang)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama