Gelar Pelatihan Menulis, KISSDA Darul Amanah Hadirkan Kepala Perwakilan Media Massa Provinsi Jawa Tengah.



Liputan12.com SUKOREJO - Anggota Baru Komunitas Ilmiah dan Sastra Santri Darul Amanah (KISSDA) Pondok Pesantren Darul Amanah Ngadiwarno Sukorejo Kendal mengikuti kegiatan pelatihan jurnalistik, pelatihan yang bertema menulis itu mudah dan menyenangkan dengan narasumber langsung dari Hasan selaku Pimpinan Redaksi Majalah Darul Amanah sekaligus wartawan senior di berbagai media massa, Ahad (02/04/2023).

Dalam Pembukaan Hasan menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan jurnalistik ini merupakan salah satu program KISSDA yang tujuannya untuk pengembangan minat dan bakat di bidang kepenulisan dan kejurnalistikan. 

”Kegiatan pelatihan jurnalistik ini bisa menjadi salah satu wadah bagi peserta untuk menambah ilmu pengetahuan tentang dunia tulis menulis. Jadikanlah kegiatan pelatihan jurnalistik ini sebagai pemicu untuk berani menjadi jurnalis yang hebat di masa mendatang".

"Mempelajari ilmu jurnalistik akan mendapatkan banyak manfaat terlebih ketika nantinya benar-benar menjadi jurnalis, tidak saja akan menambah pengalaman, namun juga manfaat lain yang akan didapatkan ketika menyenangi dunia jurnalistik", Ungkap Hasan.



Dalam kegiatan pelatihan ini Hasan juga menggarisbawahi bahwa menjadi jurnalis tidak cukup hanya bisa menulis, harus dibarengi dengan teknik-teknik menulis yang harus dikuasai seorang jurnalis.

“ Menjadi seorang penulis yang paling utama adalah kecintaan dan suka pada dunia tulis menulis terlabih dahulu, kemudian tak kalah pentingnya adalah berlatih , berlatih dan berlatih terus sehingga kemampuan kita terasah,” Ujarnya.


Selama mengikuti pelatihan peserta diberikan materi tentang kepenulisan dan cara menulis berita yang layak tayang di media sosial. Peserta pelatihan juga dilatih untuk membuat berita berdasarkan apa yang kita dengar, lihat, dan rasakan melalui pengenalan News Value, layak atau tidaknya berita dimuat.

Direktur TMI Pondok Pesantren Darul Amanah, H. Muhammad Fatwa, M.Pd memberikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan pelatihan jurnalistik ini. “Melalui kegiatan pelatihan jurnalistik ini, semoga dapat mengembangkan kemampuan literasi para santri Pondok Pesantren Darul Amanah".

David Rian Fahriza dari Kelas VII salah satu peserta pelatihan jurnalistik berharap kelak dia dapat menjadi jurnalis yang berkualitas .

“Selama mengikuti pelatihan kami tadi diajarin dengan mempelajari berbagai trik agar tulisan yang dibuat layak tayang dan menjadi seorang jurnalis yang handal. Ini sangat menarik dan saya lihat teman – teman yang lain juga sangat antusias,”.

Dalam pelatihan pada hari ini sebagai awal belajar penulisan, para peserta diwajibkan menulis puisi tentang tema ramadhan dan nantinya akan dibuat dalam buku antologi puisi.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama