Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal Adakan Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat Kota Tegal



TEGAL , LIPUTAN 12 . COM – Cari bibit potensial dalam menghadapi Olimpiade Sains Nasional, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal adakan Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat Kota Tegal Tahun 2023, Senin (17/04/2023) di Pusat Kegiatan Guru (PKG) Kecamatan Tegal Timur.


Dalam sambutannya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal, Dewi Umaroh, S.Psi, M.H menyampaikan bahwa OSN merupakan salah satu wujud dari implementasi peraturan pemerintah nomor 17 tahun 2010 tentang pengelolaan dan penyelenggara pendidikan dan sekaligus merupakan cara mengidentifikasi talenta di bidang sains melalui pendekatan kompetisi.

“Penguasaan ilmu pengetahuan seperti matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan salah satu modal utama bagi kemajuan suatu bangsa, tingkat penguasaannya menjadi salah satu indikator seberapa jauh kiat suatu bangsa dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologinya” ucap Dewi Umaroh.

Dirinya juga menyebutkan untuk menguasai dan mencipta teknologi di masa depan diperlukan penguasaan matematika dan ipa yang kuat sejak dini. upaya tersebut harus ditempuh dengan merealisasikan pendidikan yang berorientasi pada kemampuan berkreasi memecahkan masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. oleh karena itu, paradigma pendidikan yang mengedepankan peningkatan daya nalar, kreativitas, serta berpikir kritis harus diaplikasikan dalam setiap langkah pengembangan kebijakan pendidikan ke depan.


Sementara itu dalam laporannya, salah satu Panitia Penyelenggara, Suryo Indra Guritno, S.STP menyampaikan, Kegiatan ini diikuti oleh 100 peserta dengan rincian peserta dari Korwil Kecamatan Tegal Timur sebanyak 30 Peserta, Korwil Tegal barat 30 Peserta, Korwil Tegal Selatan 20 peserta dan Korwil Margadana sebanyak 20 Peserta.
100 peserta tersebut adalah hasil dari seleksi OSN tingkat kecamatan dari masing-masing Korwil.

“Untuk seleksi OSN terbaik Kota Tegal akan dilaksanakan hari ini, Senin 17 April 2023 yang selanjutnya akan dilaksanakan uji coba aplikasi dan simulasi kompetisi pada bulan April sampai dengan Mei 2023. Untuk pelaksanaan OSN tingkat Kota Tegal akan dilaksanakan tanggal 8 sampai 9 Mei 2023” ucap Suryo sembari berharap Kota Tegal bisa maju Tingkat Provinsi dan Tingkat Nasional.(Ag)


Tags : Pendidikan 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama