Tradisi :Arakan Sahur Masyarakat Tanjab barat

Tanjab barat | Liputan12

Ribuan masyarakat Kuala Tungkal, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, sangat antusias dan berbahagia memadati sepanjang jalan Sriwijaya, Patunas ,Dan Jalan siswa ,hingga sampai ke jalan Pahlawan ,BANK BNI.

 menanti festival religi tradisi arakan sahur untuk memeriahkan selama bulan suci Ramadhan 2023 sebulan penuh selama bulan puasa.
 Arakan sahur itu digelar sebagai tradisi turun temurun yang digelar saat awal menyambut bulan puasa hingga akhir puasa nanti.

Tradisi arakan sahur itu menjadi sebuah tradisi yang cukup unik karena mereka yang ikut dalam kegiatan tersebut harus berkeliling sepanjang jalan Tungkal ,yang telah ditentukan. Mereka juga harus memainkan alat musik yang mereka pertunjukan kepada masyarakat di sana sebagai bentuk cara mereka dalam membangunkan warga untuk melaksanakan sahur.

Arakan sahur ini juga menjadi sebuah pertunjukan yang banyak dinanti-nanti masyarakat untuk menyaksikan arakan. Peserta yang memainkan arakan sahur ini rata-rata masih merupakan anak-anak juga remaja. Tradisi arakan sahur ini menjadi sebuah pertunjukan yang banyak dinanti-nanti baik dari masyarakat Tungkal sendiri serta masyarakat Jambi lainnya yang mengetahui adanya tradisi arakan sahur ini setiap datangnya bulan puasa.
(Priyanto//Tanjab)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama