KODIM 0418, bersama PUPR, sosialisasi bareng.

Palembang, Liputan 12 (14/3/23).
Mengikuti kegiatan, sosialisasi masyarakat peduli banjir,yang diadakan di ruang Prameswara, Gedung kantor walikota Palembang,(Rabu/14/3).

Hadir dalam acara tersebut Komandan Distrik Militer 0418 kota Palembang,Letkol.CZI.Arif Hidayat.

Dalam acara tersebut, Dandim 0418, memaparkan peran serta TNI, di tengah masyarakat.
Sesuai dengan UU.no.34 THN.2004 tentang TNI.

Selain Operasi Militer Perang(OMP),sebagai alat pertahanan, untuk menangkal, menindak agresi dan invasi musuh terhadap kedaulatan negara.
Ada juga Operasi Militer Selain Perang (OMSP),yang diantara nya adalah perbantuan.
Untuk itulah Dandim, memperbantukan semua anggota TNI, untuk turut serta berpartisipasi dalam penaggulangan bencana,terutama bencana banjir yang menjadi konsen pemerintah kota Palembang, seluruh BABINSA di instruksi kan untuk membantu,dan backup kegiatan pemerintahan dalam rangka penanggulangan banjir,yang menjadi domen dinas PUPR untuk bekerja sama.

Dalam acara tersebut, Dandim mengatakan, masalah banjir, dapat dibagi dua, penyebab,yaitu faktor alam,dan faktor manusia.

Dandim lebih menyoroti faktor manusia, Di ungkapkan dalam arahannya,"Jika kita menjaga alam,maka alam akan menjaga kita ", tutur nya.
Karena pola hidup masyarakat yang salah dapat menjadi faktor pemicu banjir.

Membuang sampah disaluran air, bangunan liar diatas draenase,dan rendahnya kepedulian terhadap lingkungan, sehingga bila hujan turun dengan intensitas tinggi,sudah dapat dipastikan akan terjadi banjir.

Untuk itulah Dandim menghimbau kepada warga masyarakat untuk lebih peduli dan tidak membuang sampah sembarang, tidak membangun, apapun di atas drainase,dan menggalakkan gotong royong.

Diakhiri arahannya, Dandim, menyatakan, TNI siap membantu dan berperan serta dalam pelaksanaan Penanggulangan banjir,yang di laksanakan oleh dinas PUPR kota Palembang bersama masyarakat,dan komunitas peduli banjir yang ada di kota Palembang
 Purwondo Palembang

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama