Jakarta Selatan Terima Dua Penghargaan Adipura 2022

Liputan12.com
Liputan12.com -Jakarta,-

Banjir penghargaan kepada DKI Jakarta,pada pemberian penganugrahan penghargaan Adipura 2022 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Seluruh Kota dan Kabupaten Administrasi di Provinsi DKI Jakarta mendapatkan penghargaan Adipura dengan jenis yang berbeda-beda.

• Kota Adm. Jakarta Selatan: Anugerah Adipura, Plakat Adipura (Tebet Eco Park Taman Kota Terbaik)
• Kota Adm. Jakarta Timur: Anugerah Adipura
• Kota Adm. Jakarta Barat: Anugerah Adipura
• Kota Adm. Jakarta Pusat: Anugerah Adipura
• Kota Adm. Jakarta Utara: Sertifikat Adipura
• Kabupaten Adm. Kepulauan Seribu: Sertifikat Adipura.

Penerimaan penganugrahan penghargaan Adipura tersebut berlangsung di Auditorium dr Soedjarwo,Gedung Manggala Wanabakti,Jakarta Pusat,Selasa (28/02/23).

Penghargaan Adipura ini langsung diberikan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan untuk pertama dalam sejarah,Provinsi DKI Jakarta mendapatkan Adipura di 6 Kota dan Kabupaten Wilayah Administrasi.

Adipura saat ini membawa parameter baru dalam penilaian,tidak hanya memandang keteduhan dan kebersihan secara fisik melainkan juga pengelolaan sampah.Adipura harus dapat merespon target JAKSTRANAS (Perpres No. 97 Tahun 2017), yaitu pengelolaan sampah di kota/kabupaten dengan rincian 30% pengurangan dan 70% penanganan.

Data dan informasi serta Kapasitas Pengelolaan Sampah dan Operasional TPA juga menjadi atribut penilaian dalam pengelolaan sampah.Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta mendukung dengan menghadirkan beberapa operasional pengelolaan sampah di TPST Bantargebang antara lain,Landfill Mining, PLTSa (Pembangkit Listrik Tenaga Sampah), dan Refused Derived Fuel (RDF) Plant.

Selamat untuk seluruh warga,Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan semua elemen yang terlibat dalam menjaga keteduhan dan kebersihan DKI Jakarta!

Pasca-penerimaan penghargaan Adipura 2022, Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono,memberikan apresiasi dan dukungan langsung di ruang Balairung, Balai Kota,DKI Jakarta (28/02/23).

Heru mengucapkan selamat kepada Walikota dan Bupati serta menerima secara simbolik penghargaan 7 Adipura yang telah diterima oleh DKI Jakarta.

Heru meminta Kepada Dinas Lingkungan Hidup (DLH),serta Walikota dan Bupati DKI Jakarta untuk mempertahankan penghargaan Adipura.

“Kita harap di tahun 2023, Pemerintah dan DLH bisa memfasilitasi dan membantu mengerahkan resourcenya untuk penilaian.saling bergantian dan kebersamaa."Harapnya.

Dalam kegiatan tersebut diselenggarakan sekaligus memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 203,dengan tema "Tuntas Kelola Sampah Untuk Kesejahteraan Masyarakat".diharapkan HPSN 2023 ini menjadi babak baru untuk pengelolaan sampah di Indonesia menuju zero waste dan zero emission Indonesia.

Wali Kota Jakarta Selatan Munjirin,mengatakan Pada kesempatan ini Kota Jakarta Selatan menerima Dua Penghargaan yaitu Taman Eco Park menerima Plakat Adipura Taman Kota Terbaik se-Indonesia dan Plakat Adipura Kota Metropolitan Kota Administrasi Jakarta Selatan.

"Tentunya kepada masyarakat Jakarta Selatan kami ucapkan terima kasih atas support dukungan dan kerjasamanya selama ini untuk memperoleh Piala Adipura ini." Ucapnya.

Munjirin menerangkan,ini adalah hasil realita masyarakat yang menata lingkungan,memelihara lingkungan dan mempertahankan lingkungan Jakarta Selatan,agar terlihat lebih hijau serta pengelolaan sampahnya juga berjalan dengan baik.

"Kami juga berkomitmen dengan jajaran pemerintah kota,agar bisa dipertahankan dengan baik, jadi realita di lapangan yang sudah tercipta agar dipertahankan terus.Kemudian kedepannya,untuk memacu semangat,agar masyarakat bisa ikut bertanggung jawab untuk mempertahankan wilayahnya agar lebih baik kedepannya.Semoga kedepannya kita bisa memperoleh Adipura kencana yang kita inginkan."Terangnya.

Munjirin menjelaskan,yang jelas isu lingkungan yang sudah ditetapkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup,untuk penilaian di Adipura ini akan dicermati dan akan dilaksanakan di wilayah dengan baik.

"Melalui penghargaan ini, mari lebih semangat untuk terus memelihara kebersihan lingkungan sekitar." Jelasnya.

(Nfn/Phay)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama