Dirjen IKM KEMENDAGRI gelar SEMINAR STRATEGI PEMASARAN di Balige .


Toba. Liputan12.com

Balige, Indonesia Monitoring. Com. 
Bertempat di Sinar Minang Convention Hall, Selasa 21 Maret 2023 , Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka  Kementerian Perindustrian Republik Indonesia mengadakan seminar Strategi pemasaran kepada 143 orang pelaku IKM dan UMKM yang ada di kabupaten toba. 
Seminar tersebut diinisiasi oleh Ir Lamhot Sinaga anggota komisi VII DPR RI dari fraksi Golkar demi memajukan Industri kecil Menengah di bona pasogit. 
Anggota dewan yang satu ini sangat getol berkunjung ke konstituennya dalam masa reses untuk menampung aspirasi masyarakat. 

Seminar yang dilakukan terkait strategi pemasaran efektif bagi IKM Sandang di Kabupaten Toba yang diikuti para usahawan seperti penenun, petani dan usaha lainnya, yang dipandu oleh Kepala dinas Koperindag Salomo Simanjuntak. 

Kegiatan juga diikuti oleh Hj. Zeni dari direktorat jenderal industri kecil, menengah dan aneka kementerian perindustrian republik Indonesia.

Kegiatan ini bertujuan agar pelaku usaha memperoleh kemudahan memiliki keabsahan usaha seperti NPWP, NIB serta kelengkapan usaha lainnya yang sudah ditentukan agar bisa berkembang baik.

Saat kata sambutan Lamhot Sinaga, beliau mengungkapkan kekurangan industri kecil menengah (IKM) saat kegiatan event internasional F1Powerboat bulan Februari lalu. 

"Saya kecewa kala tidak ada penjual merchandise seperti gantungan kunci, kaos dan lainnya, padahal saya sering melakukan pelatihan di Kabupaten Toba" terang Lamhot Sinaga. Namun Lamhot Sinaga memuji perkembangan IKM di kabupaten Toba yang melebihi kabupaten lain dan tetap memberikan semangat kepada peserta walaupun  Kabupaten Toba tahun ini tidak mengusulkan permohonan anggaran  dana DAK untuk dinas koperindag. 

"Tahun ini kabupaten Toba tidak mendapatkan bantuan dana DAK karena tidak dimohonkan " terang Lamhot Sinaga.

Lamhot Sinaga mendorong para pelaku usaha lain agar mengikuti pelatihan seperti tukang las, bengkel, dan usaha lainnya agar Kabupaten Toba bisa mandiri dan makin maju kedepannya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Binsar Simatupang pengurus DPW, UKM  Perindustrian Sumatera Utara, Hj.Zeni dan kadis Perijinan Requel Sitorus.

Diakhir acara, Lamhot Sinaga memberikan bantuan mesin jahit kepada Wenny Pangaribuan asal Desa Pardinggaran. Mesin ini sudah dijanjikan  beliau sewaktu reses tahun lalu.

J.Tambunan

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama