Diduga Akibat Lemahnya Pengawasan Sehingga Rekanan Curang Melaksanakan Pekerjaan

Tanjab Barat, Liputan12.com
Kualitas pembangunan jalan masjid jamiatul muslimin di RT 04 parit 4 darat Kelurahan Tungkal II Kecamatan Tungkal Ilir Kabupaten Tanjung Jabung Barat terlihat buruk. Meski tidak dilintasi kendaraan bertonase berat, baru setahun lebih dilakukan pengecoran oleh CV. Zulpan Putra Tunggal dengan menggandeng CV. Radityatama Engineering Consultant, APD-P tahun anggaran 2021 dengan pagu dana tidak tercantum kini di papan informasi sudah rusak. Apabila tidak segera diperbaiki, kerusakan bisa semakin parah. Jumat (31/03/2023)

Buktinya saat dipantau ke lokasi,  proyek yang menelan anggaran ratusan juta rupiah ini, sudah terkelupas, lapisan semen terkikis dan batuan yang bermunculan berserakan di permukaan badan jalan.
Kondisi tersebut menguatkan indikasi rendahnya mutu serta kualitas pada pekerjaan dan lemahnya pengawasan sehingga rekanan tidak mengutamakan kualitas melainkan meraup keuntungan yang besar. 

Hal semacam ini yang menimbulkan kuat dugaan pengerjaan proyek ini tidak sesuai spesifikasi dan RAB dalam kontrak.

Kalau dilihat dari wilayah, jalan yang dibangun tersebut tidak menjadi perlintasan kendaraan bertonase berat. Yang melintas hanya warga menggunakan kendaraan roda 2, tetapi kondisinya sudah rusak,” Jelas Iwan

Jalan rabat beton tersebut merupakan kebanggaan masyarakat RT 04 parit 4 darat, karena jalur tersebut merupakan jalur utama masuk. Iwan berharap Dinas Perkim segera memperbaiki.

Baru setahun lebih, kini sudah rusak lagi. Padahal, jika dihitung umur masih terbilang baru,” jelasnya.

 Priyanto

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama