100 Daerah di Indonesia Adakan Special Event Dongeng Sedunia



TEGAL , LIPUTAN 12 . COM – Dalam rangka special event hari dongeng sedunia serentak di 100 daerah di Indonesia, Kota Tegal melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan juga tak ketinggalan mengadakan Kegiatan Literasi  Mendongeng Anak Usia Dini, Senin (20/3/2023) di Pendopo Ki Gede Sebayu Komplek Balaikota Kota Tegal.

Kegiatan ini juga merupakan Aspirasi Anggota DPRD Kota Tegal dari Fraksi PKS, Tauchidin, kegiatan yang menghadirkan 200 orang Orang Tua Paud dari Kecamatan Tegal Barat diisi dengan tips bagaimana cara mendongeng yang baik untuk anak-anak oleh Tedi Kartino dan Tim  Dongeng Tegal.


Dalam kesempatan memberikan sambutan, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal, M. Ismail Fahmi yang dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal menyampaikan betapa pentingnya peran orag tua dalam pembentukan karakter anak karena menempati posisi yang sangat sentral dan strategis. sebab orang tua merupakan agen pertama dan utama dalam pembentukan karakter  anak.

“Mendongeng merupakan salah satu metode dalam dunia pendidikan untuk menginternalisasikan nilai-nilai karakter pada anak usia dini. Budaya mendongeng bagi orang tua, pada era digital  saaat ini, ada kecenderungan mulai luntur dan jarang dilakukan orang tua terhadap anak-anaknya. orang tua lebih mempercayakan kepada smartphone dari pada hubungan langsung antara orang tua  terhadap anaknya” ucap Dewi Umaroh
Dirinya juga menyampaikan tidak jarang hubungan psikologis antara anak dengan orang tua kurang terjalin dengan baik, komunikasi yang baik antara orang tua dan anak dapat dilakukan melalui kegiatan pengasuhan berupa mendongeng.

Sementara itu Kepala Bidang P2PNF Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal, Trismanto dalam laporannya menyampaikan kegiatan tersebut bertujuan agar orang tua berusaha menumbuhkan sikap pro aktif anak.


“Dengan mendongeng juga diharapkan ada hubungan erat antara orang tua dan anak, juga untuk melatih konsentrasi  dan fokus anak” ucap Trismanto.

Dalam kesempatan itu Tedi Kartino juga menyampaikan bahwa di masa usia dini, orangtua harus mengoptimalkan pendidikan anak. Salah satunya dengan metode bercerita (mendongeng). Maka, keahlian bercerita merupakan salah satu kemampuan yang harus dikuasai orangtua, bahkan tidak hanya sebatas dikuasai namun perlu diaplikasikan secara nyata. 

“Melalui cerita, orangtua dapat menanamkan nilai-nilai moral, dan nilai-nilai karakter. Sehingga anak nantinya akan tumbuh dan berkembang dengan kepribadian dan akhlak yang terpuji” ucap Tedi Kartino.(Ag)




Tags : Pendidikan 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama