Home / Sosial

Sabtu, 30 Oktober 2021 - 04:53 WIB

Masyarakat Apresiasi Kepedulian Bripka Meynanto Terhadap Pengamen dan Anak Jalanan

liputan12.com | Para pengamen dan anak jalanan terkadang suka di pandang sebelah mata dan di cap negatip, apalagi jika anak jalanan tersebut memiliki tato.
Namun lain halnya dengan para pengamen dan anak jalanan yang biasa nongkrong di lampu merah Rawabango Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Cianjur, Jawabarat, yang membedakan mereka dengan para pengamen dan anak jalanan di tempat lain, yakni, mereka selalu menyisihkan penghasilan dari hasil ngamennya untuk disalurkan membantu anak yatim yang ada di rumah penampungan yatim piatu di kampung Sinagar, Desa Sabandar Kecamatan Karangtengah, kegiatan santunan ini rutin mereka lakukan setiap hari Jum’at. (29/10/21)

Photografer : Najib

Sikap kepedulian mereka ini berkat bimbingan dan arahan Bripka Meynanto p.st,s.kom yang akrab di sapa Raja Langit, selaku Kanit Lantas Polsek Karangtengah, Polres Cianjur, Polda Jabar, sosoknya benar-benar begitu dekat dengan para pengamen dan anak jalanan yang ada diwilayah lampu merah Rawabango, sehingga mereka merasa memiliki orang tua yang melindungi dan mengajarkan tentang arti hidup yang sesungguhnya.

Seperti disampaikan Piyan Sopiyandi salah satu pengamen di lampu merah tersebut, Ia mengatakan bahwa dirinya sangat bersyukur kepada sosok yang dianggap sebagai sosok orang tua yang membimbingnya.

” kami merasa sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Pak Kanit Meynanto, yang selama ini sudah memberikan bimbingan dan mengarahkan kami pada hal-hal yang positif, sehingga kami peduli terhadap saudara-saudara kami yang membutuhkan uluran tangan, terutama anak yatim piatu. Alhamdulillah setiap harinya kami selalu menyisihkan penghasilan yang kemudian disetiap hari Jum’at kami berikan kepada sejumlah anak yatim piatu, walaupun pemberian ini tidak seberapa, tapi setidaknya bisa meringankan beban dan membuat anak-anak yatim piyatu bisa sedikit tertawa bahagia.” tutur Piyan.

Baca Juga :   DPD LPM Kota Medan sukses Dilantik

Sementara itu Bripka Meynanto p.st,s.kom yang akrab di sapa Raja Langit selaku Kanit Lantas Polsek Karangtengah, Polres Cianjur, Polda Jabar mengatakan bahwa merangkul anak-anak jalanan agar bisa merubah image masyarakat terhadap anak-anak jalanan.

” Tujuan utama saya merangkul anak-anak jalanan adalah untuk merubah image di masyarakat, bahwa selama ini anak jalanan identik dengan premanisme, seperti, pemalakan, mabuk- mabukan dan lain-lain. Kalau yang saya lihat dan saya pelajari, bahwa mereka itu sebenarnya korban, misalnya karena orangtua, pergaulan atau kadang-kadang orang tuanya memang sudah tidak ada. Salah satu contoh anak jalanan usia sepuluh tahun yang setiap harinya tidur di tugu Pramuka, kedua orang tuanya sudah lama meninggal dunia, selama ini dia dirawat oleh neneknya, kemudian neneknya pun meninggal dunia, akhirnya lari ke jalanan sampai sekarang, dan kemarin dia di operasi kakinya, akibat penyakit kulit, sampai ada belatungnya. Untuk pelaksanaan operasinya kami bekerjasama dengan Puskesmas Karangtengah. Setelah dilakukan operasi dan sembuh kembali, anak tersebut sekarang sudah bisa beraktivitas, seperti sedia kala. Nah jadi salah jika anak tersebut dibilang brandal, namun itu semua dia lakukan karena keadan orang tuanya yang sudah tidak ada.” Ungkap Bripka Meynanto.

Lanjut Meynanto, melihat semua itu, karena kepedulian dan kecintaannya terhadap anak-anak jalanan.

“Saya mempunyai kepedulian terhadap anak-anak jalanan, karena saya sendiri pernah merasakan hal itu. Ketika kecil saya pribadi pernah jadi pengamen, setelah dewasa dan sebelum menjadi Polisi saya pun pernah menjadi sopir angkutan kota. Oleh sebab itu sudah sepatutnya jiwa dan hati saya tersentuh untuk membantu mereka. Saya sudah cukup dekat dengan mereka, sehingga saya seringkali menasehati dan mengarahkan mereka agar tidak salah langkah. Alhamdulillah mereka menuruti nasehat dan saran saya, seperti, tidak boleh meminta secara paksa kepada para pengendara roda dua dan roda empat yang berhenti di lampu merah. Kemudian mereka disarankan untuk menabung dan menyisihkan sebagian penghasilannya untuk membantu sesama, terutama terhadap anak yatim piatu. Akhirnya sekarang mereka rutin setiap hari jum’at menyantuni anak yatim piatu yang ada di kampung Sinagar Desa Sabandar, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Cianjur. Selain itu saya juga mengajarkan mereka kerajinan tangan kaligrapi, kemudian bagi mereka yang masih dibawah umur diharuskan mengikuti sekolah jalanan, dan itu dilaksanakan setiap hari minggu. Pada hari tersebut mereka belajar, membaca, berhitung dan mengaji. Dalam kegiatan tersebut kami bekerjasama dengan ormas dan relawan yang ada di wilayah Kecamatan Karangtengah.” Pungkasnya.

Baca Juga :   Raja Alamsyah Harahap Terpilih Kembali Sebagai Ketua PAC PP Kec.Mande Periode 2021 - 2024 dan Ini Penuturannya

Laporan : A.S Najib

Share :

Baca Juga

Sosial

Dansatgas Citarum Harum Sektor 12 Tinjau Pengerukan Eceng Gondok di Dermaga Cibuluh Kec. Maniis Kab. Purwakarta

Sosial

Raja Alamsyah Harahap Terpilih Kembali Sebagai Ketua PAC PP Kec.Mande Periode 2021 – 2024 dan Ini Penuturannya

Sosial

Anggota DPRD Kab. Cianjur Dari Fraksi Partai Nasdem Komisi IV Hadiri Peresmian Jalan Rabat Beton, Desa Bobojong

Sosial

Rumah Singgah Relawan Kesehatan BPBN Gratis Untuk Keluarga Pasien RSUD Cianjur

Kesehatan

Pemdes Lembahsari Kembali Menggelar Vaksinasi Covid – 19

Peristiwa

DPD LPM Kota Medan sukses Dilantik

Sosial

Satgas Citarum Harum Sektor 12 dan Pemkab Cianjur Rapat Evaluasi Persiapan Gebyar Penanganan Eceng Gondok

Sosial

Dansektor 12 Citarum Harum, Tinjau Kegiatan Pembersihan Aliran Sungai dan Peternakan Ayam di Maniis